ADAMAKNA

BLOGGER INDONESIA

About Me

Foto Saya
Aku adalah anak manusia yang hanya numpang singgah di bumi ini. Kini aku sedang mengisi dan melakukan sesuatu untuk mengisi waktuku di dunia ini EMAIL & FS jOIN ON adaeuvoli@gmail.com

MY BANNER LINK

Blog Archive

TRANSLATOR

Setelah Candi borobudur tidak masuk dalam kategori Tujuh Keajaiban Dunia, kini Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI berjuang keras agar Taman Nasional Pulau Komodo bisa masuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia kategori taman nasional. Jika target ini tercapai, akan berdampak besar terhadap industri pariwisata, karena wisatawan mancanegara diyakini akan banyak berkunjung ke Indonesia.

Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, Sapta Nirwandar mengatakan, Candi Borobudur ternyata kalah populer secara internasional, sehingga melalui suatu voting melalui internet yang diadakan New7wonder Foundation, Candi Borobudur tak masuk dalam kategori Tujuh Keajaiban Dunia. "Sekarang ada voting lagi, dan Indonesia menjagokan Taman Nasional Pulau Komodo," ujarnya, Sabtu (21/2) di Jakarta.

Data yang dihimpundari situs www.new7wonder.com menyebutkan, sebanyak 222 negara mendominasikan 261 daerah-daerah tujuan wisata, untuk memperebutkan tujuh kategori keajaiban dunia. Hingga 7 Juli 2009, voting untuk menetapkan 77 unggulan, peringkat 1-11 untuk tujuh kategori. Dari 77 diperas lagi menjadi 21 kandidat atau tiga kandidat masing-masing kategori. Setelah itu, bulan September 2009 pihak New7wonder Foundation baru ditetapkan Tujuh Keajaiban Dunia.

Hasil voting sampai tanggal 16 Februari 2009 pukul 09.37 yang dipantau di situs new7wonder.com, hari Minggu (22/2), Taman Nasional Pulau Komodo berada sementara di peringkat 13 di kategori kelompok E (forest/national park/nature reserves). Peringkat 1-12 sementara kategori ini adalah berturut-turut Puerto Princesa, Amazon, Sundarbans Forest, Tree of Life, Bialowieza Forest, Balck Forest, Retezat National Park, Dinosaur Park, Christmas Island, Eua National Park, Okawango Delta, dan El Kala National Park.

Sapta Nirwandar menjelaskan, kesadaran masyarakat dunia untuk menjadikan obyek wisata alam unggulannya terpilih sebagai Tujuh Keajaiban Dunia sudah tinggi. Di Italia, misalnya, restoran dan tempat wisata menyediakan internet gratis agar bisa mengakses situs yayasan itu untuk ikut memilih langsung.

Sedangkan di Indonesia, pihaknya akan menyosialisasi kegiatan ini melalui kegiatan musik yang akan dilakukan oleh Dwiki Dharmawan dengan orkestranya pada Mei 2009. Masyarakat yang sudah melek internet diharapkan mau berpartisipasi dan mendukung Taman Nasional Komodo masuk objek kategori Tujuh Keajaiban Dunia.

"Kalau mulai sekarang masyarakat Indonesia serentak mendukung maka Insya Allah pada Juli 2009, Komodo bisa masuk ranking 11 dunia dan September baru ditetapkan pemenangnya," jelas Sapta.

Pengamat pariwisata Ridwan Tulus yang dimintai tanggapannya, Minggu (22/2) mengatakan, pengguna internet sedikitnya ada 13 juta orang. Jika jumlah yang besar ini bisa berpartisipasi mengisi form voting, maka Taman Nasional Pulau Komodo dipastikan bisa masuk Tujuh Keajaiban Dunia kategori taman nasional.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata harus gencar mempromosikan dan menyosialisasikan tentang voting ini. Jika gagal masuk Tujuh Keajaiban Dunia, berarti Depbudpar gagal. Sosialisasi bisa melalui BUMN, komunitas, lembaga pendidikan, dan banyak cara lainnya, kata Ridwan Tulus, yang juga Presiden Asosiasi Wisata Jalan Kaki Asia-Pasifik.(kompas)

VOTE DISINI

Mungkin tak banyak yang menyangka kalau warna pilihan yang Anda terapkan di kendaraan, jadi cerminan pribadi.
Namun penulis buku Color Answer, Leatrice Eiseman, menyatakan ada ikatan kuat di antara dua hal itu. Secara garis besar, ia menjelaskan beberapa warna dan kepribadian yang terlentang di baliknya.

Coba saja simak, siapa tahu bisa membantu dalam pemilihan warna untuk kendaraan Anda

Silver

Anda merupakan orang yang elegan dan menyukai penampilan futuristik. Selain itu di antara rekan-rekan, Anda biasanya jadi sosok yang paling terlihat tenang.

Putih
Selain nyaman dengan penampilan yang terlihat bersih, penyuka warna ini biasanya bukan tipe yang rewel. Ia akan mudah menerima masukan yang ada dan menjalaninya tanpa terlalu banyak pertimbangan.

Merah

Bila dalam buku kepribadian penyuka warna merah merupakan tipe dominan, ini juga tak jauh berbeda. Anda yang menggunakan warna merah buat kendaraan adalah dia yang menyukai kecepatan dan memiliki energi meluap-luap.

Dan yang paling penting adalah Anda orang yang dinamis, tak suka berdiam di satu tempat.

Biru

Ibarat langit, pengguna warna biru memiliki kepribadian yang kalem dan terasa hening. Selain itu, berbanggahatilah mereka, karena biru didaulat sebagai warna setia pada pasangan.

Hitam

Di antara kesemua warna, inilah warna yang paling banyak memiliki sifat positif. Kuat, tak mudah dimanipulasi, elegan, dan menghargai segala sesuatu yang berbau tradisional.

Hijau
Beda lagi dengan pemilih hijau sebagai warna kendaraannya. Bisa dibilang warna yang sama dengan daun ini memiliki kesan sebagai pemegang hal-hal konvensional.

Dalam menjalai hidup pun pilihannya amat imbang. Belum lagi si penyuka hijau merupakan pribadi yang bisa dipercaya.

Kuning
Meski jarang yang menggunakan warna ini, Anda musti tahu kalau dialah pribadi yang menyenangkan.

Keceriaan yang dimiliki pecinta kuning bisa mencerahkan suasana yang ada di lingkungannya. Tambahan lagi, warna ini akan membuat penggunanya jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

Orange
Warna yang sama dengan jeruk ini menyimpan kepribadian yang tak jauh berbeda dengan si kuning. Orange merupakan sosok yang menyenangkan dan gemar membuka pembicaraan.

Dan satu lagi, pengguna warna orange merupakan dia yang selalu mengikuti perkembangan tren terkini.

Ungu

Warna terakhir dalam susunan pelangi ini memiliki sifat seperti anak bungsu. Ia akan selalu mencoba kreatif dalam menghadapi rintangan yang ada.

Meski terlihat individualis, itu hanya penutup dari sifatnya yang tak ingin sama dengan orang lain. Dengan kata lain, pengguna cat ungu adalah pribadi yang original.

Jadi, warna manakah yang Anda pilih?

sumber





Seringkali terjadi kasus pencurian mobil saat kendaraan tengah diparkir.Anda sadar atau tidak, tapi umumnya hal ini terjadi karena Anda sendiri yang salah dalam memarkirkan kendaraan. Walhasil saat Anda keluar dari ruangan, hanya mata membelalak dan perasaan tak karuan ketika melihat mobil Anda lenyap.

Anda tentu tak ingin berada dalam situasi itu bukan? Maka itu ada baiknya Anda ikuti tips parkir anti maling dibawah ini

--Lokasi
Pilih lokasi parkir yang berada di bawah cahaya terang. Biasanya maling akan lebih segan beraksi di bawah penerangan cahaya dan lebih memilih lokasi yang gelap.
Bila memungkinkan pula, parkir di tempat yang cukup ramai. Di lokasi seperti ini biasanya maling akan lebih tak mau ambil resiko karena takut gerak-geriknya dicurigai orang banyak.

--Kunci

Meski hal penting, sering kali orang lupa mengeluarkan kunci dari lubang starter. Padahal inilah hal pertama yang harus Anda lakukan saat parkir. Sesudah itu kunci semua pintu dan jendela, tanpa kecuali.

--Garasi

Garasi diciptakan untuk satu hal; memarkir kendaraan Anda. Kalau memang Anda memiliki fasilitas ini di rumah, jangan pernah ragu menggunakannya.

Pasalnya paling tidak enak kehilangan barang di depan rumah sendiri bukan? Tapi jangan lupa pula kunci garasi Anda dengan gembok yang cukup aman.

--Tempat Persembunyian
Jangan pernah menyimpan kunci cadangan di penutup atas kaca atau tempat lain manapun di dalam mobil. Karena inilah tempat pertama yang dicari maling ketika berhasil menembus masuk mobil Anda. Lebih baik bawa serta kunci spare kemana-mana bersama Anda.

--Park
Bila Anda memiliki mobil yang menggunakan transmisi automatic, selalu pastikan parkir dalam keadaan posisi "Park".

Hal ini akan mempersulit maling yang mencoba mencuri dengan cara mendorong mobil Anda. Ingat, saat mobil Anda sulit untuk dicuri, maling biasanya langsung mengalihkan sasaran.

--Jangan menyimpan barang berharga
Mungkin tulisan ini seudah sering Anda lihat di karcis parkir gedung manapun. Namun semua itu ada alasannya, apalagi si pengelola tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan.

Maka itu, pastikan komputer jinjing, perhiasan, atau uang dalam jumlah berlebih, tidak Anda simpan di dalam mobil yang sedang di parkir.

Selamat mencoba

sumber






Menteri Luar Negeri (Menlu) Dr H Hassan Wirajuda, SH, MALD, LLM, menegaskan, Pulau Sipadan dan Ligitan sesungguhnya memang bukan wilayah Indonesia karena itu Sipadan-Ligitan bukan wilayah kedaulatan Indonesia yang lepas.

"Sipadan-Ligitan juga bukan wilayah Malaysia, tapi ibarat dua anak yang menemukan sebutir kelereng, lalu keduanya berebut memiliki kelereng itu, jadi kelereng itu sebenarnya bukan milik keduanya, tapi temuan," katanya di Surabaya, Jumat (26/6).

Ia mengemukakan hal itu di hadapan ratusan mahasiswa dalam kuliah umum bertajuk "Perundingan Batas Wilayah Maritim Dengan Negara Tetangga", yang diadakan Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.


Dalam acara yang juga dihadiri Wakil Menlu Triyono Wibowo, ia mengatakan bahwa konsep kewilayahan negara yang diatur dalam UU 4/Prp/1960 tentang negara kepulauan (peta wilayah Indonesia baseline NKRI) memang tidak memasukkan Sipadan-Ligitan.

"Jadi, fakta sejarah menunjukkan Sipadan-Ligitan memang bukan wilayah kita, tapi juga bukan wilayah Malaysia, karena itu Indonesia dan Malaysia berebut untuk memilikinya dengan mengembangkan berbagai argumentasi," katanya.

Namun, Mahkamah Internasional (MI) tidak mengakui argumentasi Malaysia bahwa Sipadan-Ligitan merupakan bagian dari Kesultanan Sabah. Tapi, argumentasi Indonesia bahwa Sipadan-Ligitan merupakan bagian dari Kesultanan Wuluhan juga tidak diakui.

"Argumentasi yang diterima MI bukan karena Malaysia lebih dulu masuk ke Sipadan-Ligitan dan membangun dermaga, namun bukti sejarah yang paling awal masuk Sipadan-Ligitan yakni Inggris (penjajah Malaysia) dan Belanda (penjajah Indonesia)," katanya.

Dalam kaitan itu, Malaysia akhirnya dapat membuktikan bahwa Inggris paling awal masuk Sipadan-Ligitan dengan bukti berupa mercusuar dan konservasi penyu, sedangkan Belanda hanya terbukti pernah masuk ke Sipadan-Ligitan, tetapi singgah sebentar tanpa melakukan apa pun.

"Dari fakta sejarah itulah, MI akhirnya menyerahkan Sipadan-Ligitan kepada Malaysia yang merupakan bekas jajahan Inggris sehingga alasannya bukan karena siapa yang lebih dulu membangun dermaga di sana, melainkan bukti-bukti sejarah yang ada," katanya.

Menteri yang menyelesaikan program doktornya di Virginia School of Law, Charlottesville, Amerika Serikat, itu menambahkan bahwa Indonesia saat ini memang memiliki batas laut dengan 10 negara dan batas darat dengan tiga negara (Malaysia, Timor Leste, dan Papua Niugini).

"Perundingan batas wilayah itu tidak bisa cepat penyelesaiannya seperti orang membeli kacang, tapi membutuhkan waktu yang lama. Karena itu, bila penyelesaiannya lama, bukan berarti kita enggak serius atau lembek," katanya.

Dalam sesi dialog, mahasiswa dan dosen banyak bertanya tentang sengketa Blok Ambalat dan diplomasi yang sudah dilakukan Indonesia, serta perjanjian Indonesia-Singapura terkait reklamasi pantai yang menjorok ke Indonesia.

SUMBER


My KOMPAS.com Web Slice Moment adalah kontes foto yang diselenggarakan oleh KOMPAS.com dan Microsoft Indonesia. Lomba ini akan berlangsung selama 8 minggu, memperebutkan hadiah berupa total 8 unit Xbox 360 dan 8 Windows Vista Business NFR serta hadiah utama berupa satu unit Netbook. Selain itu disediakan juga hadiah langsung berupa 100 T-Shirt KOMPAS.com kepada 100 peserta pertama yang memenuhi syarat.
Dalam kontes ini, peserta diminta menampilkan kreatifitasnya dalam memanfaatkan Web Slice KOMPAS.com, fitur terbaru dari Internet Explorer 8. Cara mengikuti kontes adalah dengan berfoto bersama tampilan halaman KOMPAS.com disertai tampilan Web Slice KOMPAS.com (lihat foto contoh). Selama 8 minggu, penyelenggara akan memilih dua foto terbaik berdasarkan kriteria penilaian. Lalu di akhir sesi, akan dipilih kembali satu foto terbaik yang akan mendapatkan Hadiah Utama.

A. SYARAT & KETENTUAN

1. Kontes "My KOMPAS.com Web Slice Moment" terbuka untuk umum.
2. Calon peserta terlebih dahulu melakukan registrasi di microsite My KOMPAS.com Web Slice Moment. Setelah registrasi, calon peserta diminta meng-klik link verifikasi yang dikirim ke alamat email untuk verifikasi pendaftaran.
3. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 3 foto. Foto hanya bisa di-upload dengan menggunakan browser Internet Explorer 8.
4. Foto dilengkapi dengan keterangan foto yang menjelaskan keunikan foto. Caption foto ini akan menjadi salah penilaian juri.
5. Foto yang dikirim wajib menampilkan:
1. Wajah peserta
2. Browser Internet Explorer 8
3. Web slice KOMPAS.com
4. Halaman muka KOMPAS.com
6. Foto yang dikirim harus asli. Cropping foto diperbolehkan, namun tidak diperkenankan melakukan revisi, penggabungan beberapa foto, ataupun manipulasi terhadap foto dengan program pengolah gambar apapun.
7. Setiap peserta hanya bisa memenangkan 1 (satu) hadiah mingguan.
8. Pemenang mingguan tidak akan diikutsertakan lagi pada penilaian minggu selanjutnya.
9. Para pemenang mingguan secara otomatis akan memperebutkan hadiah utama
10. Pemenang wajib melakukan konfirmasi sesuai petunjuk pengumuman pemenang.

B. PENJURIAN & KRITERIA PENILAIAN

1. Tim juri terdiri dari tim KOMPAS.com dan tim Microsoft Indonesia.
2. Foto-foto yang memenuhi syarat akan dipilih berdasarkan kriteria sebagai berikut:
1. Nilai estetika keseluruhan foto
2. Ekspresi
3. Kreativitas
3. Penilaian juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

C. HADIAH

KOMPAS.com dan Microsoft Indonesia menyediakan hadiah berupa:

1. 1 unit Netbook untuk 1 orang pemenang utama.
2. 8 unit Xbox 360 untuk 8 orang pemenang mingguan
3. 8 unit Windows Vista Business untuk 8 orang pemenang mingguan
4. Merchandise KOMPAS.com untuk semua pemenang
5. 100 T-Shirt KOMPAS.com untuk 100 peserta pertama

Hadiah-hadiah tersebut akan didistribusikan sebagai berikut:

1. Hadiah Mingguan
1. Juara 1: 1 unit Xbox 360 + Paket Merchandise KOMPAS.com
2. Juara 2: 1 unit Windows Vista Business + Paket Merchandise KOMPAS.com
2. Hadiah Utama
1. 1 unit Netbook + Paket Merchandise KOMPAS.com

D. PENGUMUMAN PEMENANG

1. 20 Mei : Pengumuman pemenang minggu pertama
2. 27 Mei : Pengumuman pemenang minggu kedua
3. 3 Juni : Pengumuman pemenang minggu ketiga
4. 10 Juni : Pengumuman pemenang minggu keempat
5. 17 Juni : Pengumuman pemenang minggu kelima
6. 24 Juni : Pengumuman pemenang minggu keenam
7. 1 Juli : Pengumuman pemenang minggu ketujuh
8. 8 Juli : Pengumuman pemenang minggu kedelapan
9. 13 Juli : Pengumuman pemenang utama

E. PENGAMBILAN HADIAH

1. Hadiah Mingguan dan Hadiah Utama diambil di kantor KOMPAS.com untuk kepentingan publikasi dan dokumentasi.
2. Pemenang yang tinggal di luar Jabodetabek atau di luar Indonesia, boleh diwakilkan oleh orang lain dengan membawa Surat Kuasa dan fotokopi KTP.

Daftar disini---> event




Daftar 100 Malware Terganas!

Posted by GERY On 17.17 0 comments

Serangan malware kian menggila. Ada begitu banyak jenis malware yang mengintai dan siap menyerang pengguna komputer.

Berikut daftar nama-nama malware terganas yang beredar di Indonesia periode 18 Juni 2009-25 Juni 2009, menurut laporan Kaspersky Lab, yang dikutip detikINET, Jumat (26/6/2009):

1. Net-Worm.Win32.Kido.ih ( 41.9714%)
2. Exploit.Win32.SqlShell.a (9.7527%)
3. HEUR:Trojan.Win32.Generic (7.6628%)
4. Heur.Win32.Trojan.Generic (3.309%)
5. Trojan.Win32.FraudPack.owo (3.1%)
6. Trojan-Downloader.Win32.Agent.cgns (2.5427%)
7. Trojan.Win32.Agent.cltm (1.846%)
8. Trojan.Win32.FraudPack.oxv (1.7416%)
9. Trojan-Dropper.Win32.Small.axv (1.5674%)
10. Trojan.Win32.FraudPack.ovx (1.5674%)

11. Trojan-PSW.Win32.Agent.nfo (1.3236%)
12. Trojan.Win32.Buzus.bhqc (1.2539%)
13. Trojan.Win32.Agent2.kov (1.1494%)
14. Net-Worm.Win32.Kido.dam.y (1.1146%)
15. Heur.Win32.Invader (0.8708%)
16. Net-Worm.Win32.Kido.eo (0.8011%)
17. Trojan.Win32.Monder.cmwt (0.8011%)
18. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bfru (0.7315%)
19. Trojan-Downloader.Win32.Agent.ansh (0.6618%)
20. Trojan-Dropper.Win32.Agent.zje (0.5921%
21. Trojan-Downloader.Win32.Agent.cgew (0.5921%)
22. Trojan-Downloader.Win32.Agent.wxq (0.5573%)
23. not-a-virus:Porn-Dialer.Win32.InstantAccess.f(0.5573%)
24. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bfrp (0.5225%)
25. Trojan-Downloader.Win32.Small.jvl (0.5225%)
26. Net-Worm.Win32.Koobface.d (0.4528%)
27. Trojan-Downloader.Win32.Injecter.cqd (0.418%)
28. HEUR:Trojan-Downloader.Win32.Generic (0.3831%)
29. Virus.Win32.Sality.aa (0.3135%)
30. not-a-virus:AdWare.Win32.Relevant.n (0.3135%)
31. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bfdq ( 0.2786%)
32. not-a-virus:AdWare.Win32.Agent.lmz (0.2786%)
33. not-a-virus:AdWare.Win32.Shopper.l (0.209%)
34. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bful (0.209%)
35. Trojan-GameThief.Win32.WOW.bie (0.209%)
36. not-a-virus:WebToolbar.Win32.FenomenGame.pxu (0.1742%)
37. Trojan-Dropper.Win32.Small.dhn (0.1742%)
38. Exploit.Win32.DCom.ad
39. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bffe (0.1742%)
40. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bfws (0.1742%)
41. Trojan-Banker.Win32.Banker.aifb (0.1742%)
42. Packed.Win32.Black.d (0.1742%)
43. Trojan.Win32.Agent.cgof (0.1393%)
44. Trojan-Dropper.Win32.Small.ayg (0.1393%)
45. Trojan-Downloader.Win32.FraudLoad.wcby (0.1393%)
46. Trojan-Downloader.Win32.Small.jwq ( 0.1393%)
47. Trojan-GameThief.Win32.OnLineGames.bktw ( 0.1393%)
48. MultiPacked.Multi.Generic (0.1393%)
49. HEUR:Backdoor.Win32.Generic (0.1045%
50. Suspicious.Win32.Packer (0.1045%)
51. Virus.Win32.Virut.ce (0.1045%)
52. Backdoor.Win32.IEbooot.dfe (0.1045%)
53. Trojan-Downloader.Win32.FraudLoad.erj ( 0.1045%)
54. Trojan-Dropper.Win32.Agent.atvx (0.1045%)
55. Backdoor.Win32.Agent.ahwn (0.1045%)
56. Multi.Win32.Packed (0.1045%)
57. HEUR:Trojan.Win32.Invader (0.1045%)
58. Trojan.Win32.Agent.abud (0.1045%)
59. Backdoor.Win32.Poison.ahgc (0.1045%)
60. Trojan-GameThief.Win32.Magania.bfsy (0.1045%)
61. Trojan-Downloader.Win32.Agent.cdid ( 0.1045%)
62. Trojan.Win32.Stuh.pdm (0.1045%)
63. Trojan.Win32.Buzus.bigq (0.1045%)
64. Backdoor.Win32.Small.icr (0.1045%)
65. Backdoor.Win32.Agent.ahgv (0.1045%)
66. Trojan.Win32.Agent.cngn (0.1045%)
67. Backdoor.Win32.Hupigon.aovn (0.1045%)
68. Trojan-Dropper.Win32.Agent.atmg ( 0.1045%)
69. Packed.Win32.Black.a (0.1045%)
70. HackTool.MSIL.KKFinder.q (0.0697%)
71. Trojan-Downloader.Win32.Small.aliy (0.0697%)
72. not-a-virus:AdWare.Win32.Webdir.e (0.0697%)
73. Email-Worm.Win32.Joleee.bwu (0.0697%)
74. HEUR:Virus.Win32.Generic (0.0697%)
75. Trojan-Dropper.Win32.Small.cdw (0.0697%)
76. Trojan.Win32.Agent.cccr (0.0697%)
77. Trojan.Win32.Midgare.mqa (0.0697%)
78. Backdoor.Win32.Bifrose.aknz (0.0697%)
79. Trojan.Win32.Agent.cmud (0.0697%)
80. not-a-virus:AdWare.Win32.Shopper.v (0.0697%)
81. Backdoor.Win32.Bifrose.fpb (0.0697%)
82. Trojan-Mailfinder.Win32.Mailbot.ec
83. Trojan.Win32.Agent.cjxh (0.0697%)
84. Trojan-Spy.Win32.Zbot.xdj (0.0697%)
85. P2P-Worm.Win32.Archivarius.b (0.0697%)
86. Virus.Win32.Sality.z (0.0697%)
87. HEUR:Worm.Win32.Generic (0.0697%)
88. Trojan-Dropper.Win32.Mudrop.ask (0.0697%)
89. Trojan.Win32.Agent2.hxw (0.0697%)
90. Trojan.Win32.Agent.cmnr (0.0697%)
91. Trojan.Win32.Agent.rzw (0.0697%)
92. Trojan-Downloader.Win32.FraudLoad.eki (0.0697%)
93. Trojan-Downloader.JS.Agent.gj (0.0697%)
94. not-a-virus:AdWare.Win32.AlexaBar.n (0.0697%)
95. Trojan.Win32.KillWin.pi (0.0697%)
96. not-a-virus:AdWare.Win32.Chiem.c (0.0697%)
97. Net-Worm.Win32.Kido.cy
98. Trojan-Downloader.Win32.Agent.cgaw(0.0348%)
99. Trojan-Dropper.Win32.Mudrop.aso (0.0348%)
100. Packed.Win32.Krap.c (0.0348%)

SUMBER



Memberikan pasangan kejutan istimewa dapat memupuk tali cinta lebih hangat dan indah. Salah satu caranya, menyuguhkan hidangan istimewa yang Anda racik sendiri di rumah.

Ingin menyuguhkan hidangan istimewa, namun bingung bagaimana cara meraciknya? Kini Anda dapat mengikuti beberapa pilihan menu istimewa yang dilansir Loving You:

Strawberry berbalut cokelat

Rasa asam dan manis dari strawberry akan terasa lengakp jika Anda balut dengan selai cokelat. Strawberry berbalut cokelat bisa menjadi pilihan menu tepat untuk kencan akhir pekan ini. Dengan menyuguhkan panganan ini, dijamin menjadi pengalaman tak terlupakan bagi si dia.


Kue berbentuk hati dan sebotol wine

Ingin mengekspresikan perasaan hati? Jika bingung bagaimana cara mengutarakannya, Anda bisa membuat kue istimewa berbentuk hati. Jika ingin menambah tampilan kue semakin menarik, Anda bisa menghiasi bagian atasnya dengan buah seperti blueberry.

Agar menambah kenikmatan saat menyantap kue, sebotol wine bisa menjadi teman yang pas untuk Anda berdua menghabiskan malam indah.

Spaghetti istimewa

Makanan favorit dari Italia, spaghetti dapat Anda racik sebagai menu yang lezat untuk kencan di malam hari. Jika ingin kencan kali ini semakin terasa istimewa, maka tak ada salahnya menyuguhkan spaghetti di atas wadah yang dihiasi pita merah.

Pada sentuhan akhir, Anda dapat menyelipkan sebuah kartu istimewa dengan ucapan "Aku selalu menyimpan ciuman hanga hanya untukmu." Dijamin kartu ini akan membuat si dia kian terpana dengan perhatian dan cinta Anda.

SUMBER




Bos ini marah besar kepada dua karyawan perempuannya yang tak tahu diri. Dua karyawan yang 'bawel' itu pun mendapatkan balasan. Gajinya dibayar dengan tumpukan koin. Krinciiiing!

Dua karyawan wanita itu adalah Anfisa Sizhuk and Anzhelika Shemyakina, office manager dari perusahaan Deco-Line, perusahaan spesialis pemasang langit-langit rumah di Vladivostok, Rusia.

Mereka dipecat karena selain karena krisis keuangan global, juga dianggap membebani karena tidak produktif. Mereka meminta sang bos membayari liburan yang sesungguhnya tak penting-penting amat.

Permintaan tak dikabulkan. Sizhuk dan Shemyakina malah mengadu ke Departemen Tenaga Kerja Rusia. Pada akhirnya sang bos melunak dan membayar permintaan mereka sebesar 360 ribu Rubel atau sekitar Rp 117 juta seperti dilansir dari AFP , Sabtu (27/6/2009).

Dan, yang datang bukan transferan ke rekening, cek ataupun amplop. Tapi 33 karung yang berisi ratusan uang logam pecahan terkecil mata uang Rusia, 5 kopek atau lebih kecil dari 1 sen. Sizhuk dan Shemyakina sampai memanggil teman untuk mengangkat karung-karung yang berat totalnya mencapai 20 kilogram!

Sang bos pun tampak tak menyesal sudah membuat mantan karyawannya itu kerepotan.

"Perempuan itu ingin banyak uang, dan mereka mendapatkannya. Apa bedanya kalau diberikan dalam bentuk itu (koin)?" ujar sang bos Konstantin Lyalikov.

Lyalikov menambahkan dua karyawan perempuan itu dipecat karena terlalu banyak membuang waktu dengan menjelajah internet untuk keperluan pribadi.

sumber


Boleh percaya, boleh tidak. Ada beberapa tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Hm...penasaran apa saja?

1.Pachira (Pachira aquatica)
Di barat disebut Money Tree atau pohon uang. Bentuknya mungil, tinggi sekitar 25-30 cm. Dipercaya bisa membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan, keberuntungan, dan panjang umur. Daunnya terdiri dari 5 jari dengan ujung yang lancip menyerupai tangan manusia. Pohon yang terkepang ini maksudnya untuk menampung rezeki yang masuk. Tempatkan di ruang tamu.





2. Bambu rezeki (Dracaena)

Tanaman ini dipercaya berpotensi membawa hal baik. Tempatkan di ruang keluarga, jika memungkinkan dekat jendela.






3. Sri Rezeki (Aglaonema)
Menilik namanya tanaman ini mengundang keberuntungan, pembawa hoki. Seperti halnya ikan lou han, semakin jelas goresan, totol, atau warna yang muncul di daun, akan semakin mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Warna kuning (warna emas) dipercaya membawa rezeki. Letakkan di teras depan.




4. Anthurium
Daun anthurium yang berkilau menjadikan tanaman hias ini simbol kejayaan. Tak hanya cantik diletakkan di teras, anthurium pun bagus disimpan di atas meja.









5. Krisan (Chrysanthemum)

Dipercaya memiliki kekuatan magis yaitu membuat orang muda selamanya. Bisa ditanam di halaman atau pot.




6. Jeruk emas (jin ju)
Buahnya sangat banyak dan berwarna kuning. Biasanya dibagikan saat imlek. Dipercaya yang menerima akan mendapat kesuksesan dan kekayaan.



Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi memperkirakan semburan lumpur di Astana, Walikukun, Carenang, Serang, Banten, tidak akan sama seperti di Sidoarjo. Kandungan gas metan, lumpur, dan air diyakini tidak berbahaya dan sedikit jumlahnya.

Menurut Kepala Pusat Vulknologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Surono, di Bandung, Senin (22/6), tidak berbahayanya semburan lumpur di Carenang itu dibuktikan fakta keberadaan gunung api dan hasil riset tentang kandungan gas berbahaya di daerah sekitarnya. "Namun, kami tetap mengirimkan tim untuk mengamati kejadian ini lebih lanjut," kata Surono.

Berdasarkan data keberadaan gunung api, di sekitar tempat semburan lumpur, memang terdapat Gunung Karang yang memiliki tipe B. Artinya, gunung ini tidak memiliki catatan aktivitas vulkanik sejak tahun 1600.

Oleh karena itu, magma yang ada di dalam gunung kemudian mengalami pendinginan dan mengeluarkan gas. Akibat dorongan energi sangat kecil, maka gas terperangkap di dalam tanah membentuk lapisan seperti lensa. Bila lensa ini dibor dengan kekuatan tinggi, maka gas kemudian keluar bersama dengan lumpur dan air.

"Karena aktivitas gunung tidak aktif maka cadangan gas yang masih terperangkap pun tidak banyak. Kemungkinan besar semburan itu akan dalam waktu relatif tidak lama," katanya.

Tidak berbahayanya semburan gas itu diperkuat dengan analisis gas berbahaya yang dilakukan PVMBG tahun 2007 di tiga daerah sekitar Carenang. Tiga daerah itu adalah Cikeusal, Walantaka, dan Pontang yang berjarak tidak sampai 100 kilometer dari Carenang.

Surono mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten sudah memiliki hasil analisis itu. Analisis tiga daerah itu menemukan kandungan gas, yaitu CO, CO2, H2S, SO2, dan CH4. Namun, jumlah kandungannya dianggap tidak membahayakan masyarakat sekitar.

"Seharusnya dengan analisis ini, Pemerintah Provinsi Banten bisa memetakan daerah mana yang berbahaya atau tidak. Selain itu, pemerintah bisa memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat tentang kejadian ini," kata Surono.

sumber






Menghirup asap rokok orang lain lebih berbahaya dibandingkan menghisap rokok sendiri. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.

Setyo Budiantoro dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan."

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.

Berikut sejumlah zat berbahaya yang terkandung di sebuah batang rokok:
Tar
- Dalam tubuh manusia, tar memicu terjadinya iritasi paru-paru dan kanker.
- Dalam tubuh perokok pasif, tar akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

Nikotin
- Dalam tubuh manusia menimbulkan efek adiksi atau candu yang memicu peningkatan konsumsi.
- Dalam tubuh perokok pasif, nikotin akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

Karbon Monoksida
- Merupakan gas berbahaya yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Pengikatan oksigen oleh karbon monoksida inilah yang kemudian memicu terjadinya penyakit jantung.
- Dalam tubuh perokok pasif, gas berbahaya ini akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

Bahan kimia berbahaya
- Berupa gas dan zat berbahaya yang jumlahnya mencapai ribuan. Di tubuh manusia, bahan kimia berbahaya ini meningkatkan risiko penyakit kanker.
- Dalam tubuh perokok pasif, bahan kimia berbahaya ini akan terkonsentrasi 50 kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

Mengutip hasil kajian WHO, Budi mengatakan, lingkungan bebas asap rokok merupakan satu-satunya strategi efektif untuk memberikan perlindungan bagi perokok pasif.

Penyediaan smoking area juga tak sepenuhnya melindungi para perokok pasif dari bahaya rokok. "Penyediaan smoking area di dalam gedung sama halnya dengan kencing di sudut kolam renang, akan menyatu juga," ujarnya. "Asap tetap akan menembus ventilasi."

Data Global Youth Survey tahun 1999-2006, sebanyak 81 persen anak usia 13-15 tahun di Indonesia terpapar asap rokok di tempat umum atau menjadi perokok pasif. "Padahal rata-rata persentase dunia hanya 56 persen," ujarnya.

Survei tersebut juga menunjukkan, lebih dari 150 juta penduduk Indonesia menjadi perokok pasif di rumah, di perkantoran, di tempat umum, di kendaraan umum.

Sedangkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional 2004 menunjukkan, lebih dari 87 persen perokok aktif merokok di dalam rumah ketika sedang bersama anggota keluarganya. Survei ini juga menemukan 71 persen rumah tangga memiliki pengeluaran untuk merokok.

oleh:pipiet.noorastuti@vivanews.com



Jangan pernah kubur cita-cita dan harapan Anda. Karena dua hal itu bisa memperpanjang usia kita. Dr.Patricia Boyle, neuropsikologis dari Rush Alzheimer Disease Center, Chicago, AS, mengungkapkan hal tersebut.

Apakah cita-cita itu harus tinggi dan ambisius? Ternyata tidak juga, harapan atau tujuan hidup yang sederhana, seperti ingin aktif dalam komunitas tertentu, ternyata sudah punya pengaruh yang besar.

"Menurut analisa kami, perpanjangan usia antara orang yang punya tujuan hidup yang besar dengan tujuan hidup biasa-biasa saja tak banyak berbeda," kata Boyle.

Dalam studinya, Boyle dan timnya meneliti 1.238 orang dewasa yang sudah berpartisipasi dalam dua riset di Rush University Medical Center, yakni Rush Memory and Aging Project serta the Minority Aging Research Study. Seluruh partisipan rata-rata berusia 78 tahun dan tak menderita demensia (kepikunan).

Di awal studi, para partisipan diminta menjawab pertanyaan tentang tujuan hidup atau cita-cita mereka, dan menilai mana yang sudah berhasil dicapai dan mana tujuan yang berarti dalam hidup mereka.

Hasilnya, mereka yang punya tujuan hidup tinggi separuhnya masih bertahan hidup hingga periode tindak lanjut atau tiga tahun kemudian. Hasilnya tak banyak berbeda dengan responden yang tujuan hidupnya sederhana.

"Ini berarti, bila kita punya tujuan hidup dan bila kita merasa hidup ini berarti atau kita punya langkah untuk mencapai target hidup, kita akan lebih kuat dalam menjalani tahapan kehidupan," kata Boyle.

Studi yang dilakukan Boyle makin menguatkan hasil puluhan riset lain dengan topik sama, pentingnya tujuan hidup untuk menjaga kesehatan psikologi dan fisik. Menurut para ahli, tujuan dan cita-cita kita membantu sistem dalam tubuh kita berfungsi lebih baik dan menguatkan tubuh melawan penyakit

sumber





Para 'Penjajah' Tanpa Senjata

Posted by GERY On 00.04 0 comments

Mulanya binatang itu didatangkan sebagai biota air tawar yang lucu dan menggemaskan. Itulah keong- keong emas dari genus Pomacea. Keong itu hadir di Indonesia pada tahun 1980-an. Keong-keong itu lalu banyak menghuni akuarium-akuarium di rumah- rumah atau kantor. Lucu dan menggemaskan.

Tak butuh waktu lebih dari lima tahun ketika akhirnya kegemparan datang dari para petani di Sukabumi dan Tangerang. Lahan sawah subur mereka diserang keong. Pada 1984 mulai ramai istilah keong emas.

Keong-keong itu tak lucu lagi tak pula menggemaskan. Sebaliknya, memunculkan horor dan teror karena merusak padi.


Peneliti moluska air tawar pada Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Ristiyanti Marwoto, menyebut tak semua jenis keong dari genus Pomacea menjadi hama. Yang sudah diidentifikasi yaitu Pomacea canaliculata—dari Brasil, negara tropis yang banyak kemiripannya dengan Indonesia.

Tak hanya Indonesia, keong yang mulanya dipelihara sebagai binatang piaraan itu telah menjadi hama pertanian di Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina, hingga Korea Selatan. Seperti di Indonesia, upaya pemberantasan keong sebagai hama di negara-negara itu tak juga tuntas.

Di sawah, keong-keong itu tak hanya berwarna keemasan, tetapi juga kecoklatan dan kehijauan. Cirinya adalah menempelkan ratusan telurnya di batang- batang padi, tanaman liar, atau tanaman lainnya.

Kepala Puslit Biologi LIPI Siti Nuramaliati Prijono menyatakan, keong-keong emas impor itu adalah salah satu jenis tanaman asing invasif. ”Penjajah” dari negeri asing.

Jenis asing invasif

Jenis asing invasif adalah jenis flora dan fauna termasuk mikroorganisme yang berkembang pesat di luar habitat alaminya. Karena tak ada musuh alami, binatang itu jadi hama, gulma, serta menebarkan penyakit pada flora dan fauna asli.

Di Indonesia, sebagai kompetitor, predator, patogen, dan parasit, jenis-jenis asing invasif itu dapat memunahkan jenis asli. ”Dalam skala besar akan merusak ekosistem asli,” kata Siti.


Ikan aligator


Ikan aligator (Lepisus peus) berasal dari perairan tawar Amerika Latin. Pemakan segala, tetapi cenderung karnivora dengan berat tubuh bisa lebih dari 70 kilogram. Tahun 2008, ikan aligator atau buaya itu ditemukan penambang pasir di Sungai Citarum. Beratnya mencapai 90 kg dengan panjang tubuh 1,70 meter dan diameter 80 cm.


Ikan sapu-sapu

Ikan sapu-sapu (Pterygoplichthys pardalis) banyak dijumpai di sungai-sungai air tawar. Ikan ini berasal dari kawasan Amerika bagian selatan dan tahan terhadap kondisi air berpolutan.

Setidaknya ada empat jenis lagi ikan dari Amerika bagian selatan yang ada di Indonesia, seperti si ganas ikan piranha (Pygocentrus nattereri), si gigi runcing ikan bawal hitam (Colossoma macropomum), si petarung ikan oskar (Astronotus ocellatus), dan araipaima (Arapaima gigas).


Serangga penyerbuk
Liriomyza sativae, Liriomyza huidebrensis, dan Liriomyza trofolii.
Serangga ini justru merusak antara lain tanaman tomat, kentang, bawang, merah, dan kacang panjang.

Menurut peneliti serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah, tanaman yang diserang serangga itu langsung mati dalam waktu kurang dari dua pekan.

Temuan terbaru, hama pepaya (mealy bug) atau Paracoccus marginatus, ditemukan tahun 2008. Hama ini menyerang buah pepaya dengan serbuk putih. Belakangan juga menyerang jenis buah lain dan bunga hias. Secara umum, efek domino serangan hama-hama itu berdampak pada ketahanan pangan dan ekonomi nasional.


Flora invasif

Di Indonesia, jenis flora asing mencapai sekitar 2.000. Salah satu jenis invasif yang legendaris adalah eceng gondok (Eichornnia crassipes) yang merebak sekitar tahun 1990 dengan daya tarik bentuk dan warna bunganya yang ungu cerah.

Belakangan, tanaman air yang mudah berkembang pesat itu menjadi pengganggu. Sebarannya yang masif tak hanya mengganggu transportasi air, tetapi juga menyebabkan sedimentasi dan mematikan plankton.



Jenis akasia(Acacia nilotica)
Saat ditanam di Taman Nasional Baluran, Jatim, tanaman ini semula untuk melindungi padang savana, makanan utama banteng, dari bahaya kebakaran.

Perkembangannya masif, hingga 200 hektar per tahun, kini mempersempit padang rumput. Hingga tahun 2000, akasia menginvasi 50 persen, sekitar 5.000 ha, padang savana dan mengancam keberadaan banteng.




Jenis lamtoro(Leucaena leucocephala)
Ditanam massal pada masa Orde Baru dan kini memunculkan risiko. Pemerintah harus mendatangkan serangga dari Hawaii, musuh alami kutu loncat, yang merebak seiring dengan hadirnya lamtoro.




Aster
Aster (Eupatorium sordidum) dari Meksiko di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, kini menutupi lantai hutan tempat tumbuh tanaman obat dan satwa lain. ”Sekarang sangat mengganggu, tetapi sulit diatasi,” kata peneliti botani LIPI, Sunaryo, yang pada April 2009 meneliti di sana. Setidaknya ada delapan jenis flora asing invasif di tempat itu.

Flora dan fauna asing invasif di atas hanya contoh kecil dari ribuan jenis yang saat ini ada di Indonesia. Tak ada satu pun yang didatangkan dengan maksud merusak, tetapi kelemahan pengetahuan dan informasilah yang menyebabkan ancaman.

Tak ada yang tahu, episode macam apa dari maraknya penjualan kura-kura brasil yang mungkin lucu nan menggemaskan. Akankah menambah deret getir akan kehadiran para ”penjajah” tak bersenjata?

sumber

ADAMO, LAPTOP PALING TIPIS

Posted by GERY On 23.55 0 comments

Dell mengeluarkan seri laptop tertipis di dunia, yang mengalahkan Macbook Air.
Ketika berlangsung Consumer Electronics Show, Januari lalu, Dell Adamo disebut-sebut pesaing keras MacBook Air baik dari sisi berat maupun ketebalannya. Alhasil, laptop teranyar Dell tersebut jadi salah satu bintang pameran tahunan yang berlangsung di Las Vegas itu.

Pada 26 Maret mendatang, Dell berencana memasarkan Adamo di Amerika Serikat dengan harga US$ 1.999. Namun, laptop ini ternyata sedikit lebih berat ketimbang MacBook Air. Berat Adamo 4 pon, sementara Air cuma 3 pon. Memang MacBook Air, yang dijual US$ 1.799, lebih tebal, yakni 0,76 inci, daripada Adamo, yang 0,65 inci.


Dell bertujuan memposisikan Adamo sebagai notebook yang penuh gaya. Tubuhnya berbalut aluminium dengan dua pilihan warna: pearl dan onyx. Layar perangkat ini berukuran 13,4 inci, dan hard disk-nya berkapasitas 128 gigabita. Mereka melengkapi notebook itu dengan tas mewah hasil rancangan desainer terkenal Tumi. Pada pameran di Las Vegas tersebut, Dell menampilkan model yang menjinjing Adamo.

John New, Kepala Pemasaran Dell, menjelaskan, produk ini dikhususkan bagi konsumen yang berselera tinggi. "Adamo dimaksudkan sebagai pernyataan diri, untuk mengejutkan orang," katanya. Dalam bahasa Latin, Adamo artinya "jatuh cinta". Dell mengklaim produknya mengkombinasikan desain baru yang mengutamakan estetika, pilihan personalisasi, dan teknologi teranyar.

Keluarnya Adamo memang jadi pesaing Macbook Air untuk laptop kategori ultraportable. Pesaing lainnya produk keluaran Lenovo, Hewlett Packard, dan Sony. Di Indonesia, Adamo bakal hadir seusai pemilihan umum legislatif, 9 April, dengan harga sekitar Rp 20 juta.




Nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi nilai terburuk untuk hasil ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama sederajat di Sumatera Utara . Tahun lalu nilai terburuk juga ada pada mata pelajaran ini.
"Tahun ini kembali berulang, nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa 7,17. Nilai ini paling rendah dibanding nilai rata-rata mata uji lain," tutur Ketua Panitia UN Provinsi Sumut, Hermansyur, Jumat (19/6).
Adapun nilai pelajaran lain yaitu Bahasa Inggris 7,32, Matematika 7,95, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 7,48. Secara umum, tahun ini jumlah siswa yang tidak lulus sebanyak 3,23 persen atau 7.621 siswa. Panitia mencatat seluruh siswa UN setingkat SMP sederajat sebanyak 352.436 siswa di 30 kabupaten dan kota.
Tingkat kelulusan tahun ini (96,77 persen) lebih baik dibanding dengan kelulusan tahun lalu sebesar 93 persen. Hermansyur meyakini ini merupakan hasil kerja keras siswa selama ujian berlangsung.

Pertanyakan hasil

Anggota Dewan Pembina Komunitas Air Mata Guru (KAMG), Denni Boy Saragih meragukan kejujura hasil UN. Dia menduga ini mencerminkan kualitas guru, bukan kualitas kepandaian siswa.

"Pada saat uji coba UN (try out) lalu, rata-rata tingkat kelulusan siswa paling tinggi 40 persen. Ini menjadi aneh ketika UN malah hasilnya begitu bagus," katanya. KAMG pada UN tingkat SMP maupun SMA sederajat membentuk tim investigasi memantau jalannya UN. Hasilnya mereka menemukan aneka kecurangan di sejumlah sekolah.

sumber




Pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa utang pemerintah yang semakin besar bukan merupakan bencana karena rasio utang terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) semakin menurun
patut disayangkan.

Pernyataan tersebut mencederai kenyataan bahwa bertambahnya jumlah utang adalah beban bagi seluruh rakyat Indonesia. "Setiap penduduk Indonesia harus terbebani dengan Rp 7 juta. Selain itu besarnya pembayaran utang tiap tahun hampir sama dengan 3 kali anggaran pendidikan, 11 kali anggaran kesehatan dan 33 kali dari anggaran perumahan dan fasilitas umum," kata Yuyun Harmono, Program Officer Sekretariat Nasional Koalisi Anti Utang (KAU) dalam rilisnya, Senin (15/6).

Meskipun terjadi penurunan rasio utang terhadap PDB sebesar 54persen tahun 2004 menjadi 32 persen ditahun2009 namun, lanjut Yuyun, kajian dari Komite Penghapusan Utang Negara Selatan (Committee for Abolition Third World Debt) utang jangka panjang (Long Term Public Debt) pemerintah Indonesia mencapai 67 miliar dollar AS (2007).

"Jumlah ini menduduki posisi 4 besar setelah Meksiko, Brazil dan Turki. Diantara negara-negara di Asia Tenggara yang lain utang jangka panjang Indonesia masih yang paling besar. Prestasi ini bukanlah sesuatu yang patut
dibanggakan oleh pemerintah hari ini," jelasnya.

Menurut Yuyun Koalisi Anti Utang memandang bahwa upaya menjustifikasi peningkatan utang Indonesia menjadi sesuatu yang wajar adalah menyesatkan. "Transaksi utang luar negeri selama ini justeru menyebabkan hilangnya harga
diri bangsa dan kedaulatan ekonomi nasional," ujarnya.

"Indonesia selama ini dipaksa terus membayar utang-utang haram warisan orde baru dan melaksanakan kebijakan liberalisasi ekonomi menurut kehendak kreditor," tambah Yuyun.

Menurut dia yang harus dilakukan sekarang adalah mengurangi beban utang dengan cara menegosiasikan penghapusan utang haram dan tidak sah kepada pihak kreditor. "Strategi tambal sulam dalam pengelolaan utang yang kini ditempuh oleh pemerintah justru menimbun resiko pada masa yang akan datang," paparnya.

Dia mengatakan penghapusan utang bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan. Menurut pengalaman negara lain seperti Argentina, Nigeria dan baru-baru ini Ekuador, membuktikan bahwa penghapusan utang merupakan mekanisme penyelesaian krisis utang yang terjadi di Negara-negara selatan agar krisis tersebut tidak terus berulang. Penghapusan utang juga tidak terkait dengan pendapatan perkapita suatu negara, namun lebih pada keberanian politik pemimpin dan upaya negosiasi yang kuat di forum Internasional.

"Sejak tahun 2001 setelah krisis ekonomi, Koalisi Anti Utang telah menyerukan untuk melakukan langkah progresif dalam mengatasi krisis utang yang terjadi di Indonesia. Karena persoalan utang luar negeri tidak hanya terjadi di Indonesia namun di semua negara selatan. Bersama dengan gerakan anti utang Internasional Jubilee South yang beranggotakan 80 organisasi di 40 negara," tegasnya.

Koalisi Anti Utang, menurut Yuyun, mendesak pengapusan utang lama dan penghentian utang baru karena utang luar negeri adalah alat intervensi dan eksploitasi negara utara pada negara selatan.







Masih ingat dua atau tiga tahun lalu ketika USB flash disk dengan kapasitas 2GB sudah terasa lega, sementara harganya cukup mahal? Kini flash disk berkapasitas besar makin jamak ditemui.Namun tawaran terbaru Kingston ini tetap saja mengejutkan. Kingston DataTraveler 200-nya itu mengemaskan kapasitas 200GB – terbesar saat ini. Sayangnya harga flash disk ini juga luarbiasa mahal, bahkan termahal. DataTraveler 200 dibandrol dengan harga US$ 546.

Uang sejumlah itu tidak cuma sebagai penukar flash disk yang kokoh dengan desain tanpa tutup (capless), tetapi juga proteksi password built-in untuk mengamankan file-file penting yang disimpan di dalamnya, plus dukungan Windows ReadyBoost, dan masa garansi selama lima tahun. Satu lagi, flash disk 128GB ini ekslusif karena tidak dijual secara umum, tetapi baru dibuat bila Anda memesannya.Namun jika 128GB terasa terlalu besar bagi Anda, pilih saja kapasitas yang lebih rendah 64GB atau 32GB. Harganya pasti lebih terjangkau, dan bisa dibeli secara bebas di pasar.
SUMBER




AWA MARU: TITANIC DARI JEPANG

Posted by GERY On 17.28 1 comments

Awa Maru adalah kapal penumpang Jepang dari Angkatan Laut Jepang selama Perang Dunia II. Kapal ini mempunyai berat 11.249 ton.

Pada tahun 1945 ketika Kekaisaran Jepang di Asia Tenggara mulai ambruk,Awa Maru menjadi kapal Palang Merah untuk mengobati dan merawat korban selama Perang Dunia II yang biasanya disebut kapal rumah sakit.
Kapal ini mendapat jaminan aman dari pemerintah Jepang maupun Amerika karena tidak akan ditembak mengingat kapal ini "hanya" berfungsi sebagai tempat merawat korban perang.
Pada 10 Maret 1945, kapal ini singgah di Jakarta dan Surabaya, Indonesia. .mengisi Beban 2.500 ton minyak mentah dan minyak pengeboran mesin.
Pada 27 Maret 1945 di tengah-tengah banyak sukacita, kapal berlayar dari Singapura en rute ke Jepang membawa penumpang rata-rata wanita dan anak-anak.

Kapal Awa Maru bergerak ke utara menuju pantai di Cina, entah kenapa tiba-tiba terjadi putus komunikasi dengan pangkalan laut di Jepang dan alat komunikasi radiopun juga tidak berfungsi, hal ini membuat sejumlah penumpang mulai panik dan pada 1 April 1945 di kegelapan malam, "kapal hantu" dengan melintasi kabut tebal. Didalam kabut tebal kapal Terpedo Amerika "Queenfish" melihat kapal mendekat di radar mereka. Kapal Queenfish melambat guna mengetahui kapal apa yang mendekat, karena kapal Queen fish tdak dapat menghubungi kapal misterius di radarnya akhirnya mereka menganggap kapal Awa Maru berbahaya.Tanpa basa-basi lagi kapal Queenfish menembak kapal Awa Maru dengan 4 terpedo. Dan kapal Awa Maru tenggelam sekitar dua menit kemudian di kedalaman air 200 kaki. Seratus empat puluh delapan awak kapal dan sekitar 1900 penumpang yang hilang.
Queenfish tahu bahwa mereka salah menembak sasaran setelah menyelamatkan Shimoda Kantaro seorang anak buah kapal.
Pada 2-3 April 1945 kapal Queen fish berusaha mencari korban yang mungkin masih hidup namun sia-sia. Ada mitos yang mengatakan bahwa Awa Maru sebelum tenggelam membawa 40 metrik ton emas, 12 metrik ton platinum, 150.000 carats dari industri berlian dan 40 kotak seni dan budaya relik termasuk fosil dari Beijing dan dari negara-negara yang pernah diduduki se-asia.
Spesifikasi:
Dibuat : Mitsubishi, Nagasaki.
Tahun Selesai: 1930
Beratnya: 11.249 ton
Dimensi: Panjang 497,2 meter ',lebar 65,6'meter
Mesin: Mesin Diesel Mitsubishi ,
kecepatan maksimal: 20,8 knots.

diolah dari berbagai sumber




Sudah 3 hari ini aku terkena "pukulan" penyakit flu yang membuat 3 hari itu aku musti puasa ngeblog karena ga bisa jaga warnet, musti istirahat total. Setelah muter-muter cari artikel, aku nemuin artikel ini sobat..semoga bermanfaat dan ga gampang terkena flu.
Anda dapat mencegah flu dan pilek hanya dengan menguatkan sistem imun dengan cara alamiah, tanpa obat..begitu menurut Dr.Michael Grossman, M.D., dan Jodi Jones, dalam buku mereka, The Vitality Connection: Ten Practical Ways to Optimize Your Health and Reverse the Aging Prosess.

Menurut Jones, tak ada pil ajaib untuk mencegah penyakit. Cara terbaik adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sedang menurut Grossman, pertahanan terbaik terhadap virus musiman tersebut adalah dengan menguatkan sistem imun.

Berikut ini 25 cara yang menurut mereka menguatkan pertahanan alamiah tubuh terhadap flu dan pilek :

1. Makan sebuah jeruk sehari.
Jeruk mengandung vitamin C, salah satu suplemen utama untuk memerangi pilek.

2. Istirahat yang cukup.
Tubuh kita akan mengisi ulang energi ketika kita tidur sehingga bisa melawan serangan kuman penyakit.

3. Kurangi timbulnya stres yang bersamaan dengan kekecewaan emosional.
Stres dapat melemahkan sistem imun tubuh.

4. Makan bawang putih setiap hari.
Bawang putih dapat menguatkan sistem imun dan memerangi bakteri.

5. Banyak minum air putih.

6. Gunakan jahe pada masakan dan minuman.
Jahe selain dapat menghangatkan tubuh juga memberi kekebalan tambahan dalam sistem pertahanan tubuh.

7. Makan makanan kaya vitamin E seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan padi-padian utuh.

8. Konsumsi makanan yang mengandung Zinc seperti biji labu, gandum, dan sardin.

9. Jamu echinacea membantu mencegah pilek dan flu. Juga meminimalisir efeknya.

10. Sering mencuci tangan dengan sabun agar bersih dari bakteri dan kuman.

11. Jaga kerongkongan agar tetap lembab.
Penelitian di Inggris mengungkapkan, menghisap zinc lozenges secara drastis mengurangi jumlah dan tingkat keparahan pilek.

12. Olahraga ringan dapat membantu menguatkan sistem imun minimal jalan selama 30 menit.

13. Hindari tempat yang banyak orang, terutama ditengah cuaca lembab dan dingin, dimana orang dengan pilek dan flu dapat menularkan penyakitnya.

14. Makan sup ayam ditambah bawang bombay dan bawang putih. Obat kuno ini berkhasiat karena meningkatkan aliran mucus hidung yang membuat kuman dikeluarkan dari sistem tubuh kita.

15. Jaga agar tubuh tetap hangat.
Terpapar udara yang terlalu dingin atau basah dapat membuat Anda sakit. Jika kedinginan, mandi air hangat dan kenakan baju hangat.

16. Jaga udara di dalam rumah tetap lembap dengan menggunakan humidifier.

17. Minum jus wortel dan jus sayuran setiap hari. Vitamin-vitamin di dalam jus meningkatkan imunitas terhadap penyakit.

18. Makan yogurt minimal 1 cup sehari untuk mempertahankan bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

19. Beri cabai pada makanan. Cabai atau makanan yang pedas membantu membersihkan membran mucous.

20. Minum jus nanas.
Jus nanas kaya dengan enzim bromelain yang berkhasiat untuk kesehatan.

21. Minum ramuan pencegah flu.
Caranya : seduh 1 sendok makan irisan horsedish atau jahe dengan 1 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 butir cengkeh.

22. Makan bawang karena mengandung quercetin, suatu senyawa yang memerangi virus dan bakteri.

23. Jika hidung keburu meler, beri beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak angin pada wadah berisi air mendidih. Tutup kepala dengan handuk dan hirup uapnya.

24. Jangan merokok. Rokok dapat menimbulkan ketegangan pada sistem pernapasan.

25. Jaga sikap positif. Penelitian menunjukan, tetap bersemangat adalah kunci tetap sehat dan bahagia.

Grossman menyarankan memprioritaskan kesehatan. Luangkan waktu untuk merawat diri dulu sehingga Anda dapat tetap sehat dan menjaga kesehatan keluarga.

Sumber




Di era teknologi komunikasi yang kian canggih, bagi publik perkotaan laptop seakan telah menjadi gaya hidup. Tidak jarang kita kan menemui mulai dari remaja sampai tua kemana-mana menentang laptopnya, entah dibuat hotspot-an gratis di kampus, mall, cafe atau tempat publik lainnyaa. Hingga mewabah ke pedesaan, kerena terus terang saja, semalam ketika aku membeli makan malam, aku sempat berbincang dengan pemilik gerobak "tahu tek" bahwa dia baru saja membelikan laptop anaknya yang baru kelas 1 SMK, aku sempat kaget karena aku saja yang kuliah belum punya laptop..hehehehehe
Bukannya ga mau atau ga suka tapi aku kasihan melihat kedua orang tuaku, jadi aku merasa tidak tega kalau meminta laptop.
Kembali lagi pada cerita diatas.. sebenarnya wabah laptop ini cukup menjadi sinyal positiv bahwa masyarakat kita sekarang tidak lagi gagap teknologi dan cenderung setara dengan negara berkembang lainnya yang sama.
Bagi pembaca saya punya rekomendasi untuk laptop yang bagus kualitas maupun kuantitasnya.

Ya...ACER ASPIRE D
Berikut reviewnya:
--> menggunakan prosesor Intel Atom N270, dengan kecepatan 1,6 GHz ( GigaHertz ), dan lebar bandwith 533 MHz FSB.
--> Ukuran layar netbook Advan Vanbook A1N70T ini adalah 10,2 inchi.
--> Berat sekitar 1,26 kg membuat netbook ini ringan untuk dibawa kemana-mana.
--> Memory yang digunakan oleh netbook A1N70T ini adalah DDR2 1GB, dengan hardisk SATA 160 GB.
--> WebCam di netbook ini berukuran 1,3 Megapixel.
--> Koneksi dengan WiFi Wireless LAN Atheros Chipset.
--> Mempunyai fitur WiFi Wireless LAN.
Jika anda tertarik membelinya bisa langsung menghubungi

Alnect Komputer Shop
Jln. Raya Janti, Kruwing No.1 Yogyakarta dengan pesawat telepon (0274)486844 dan
HOTLINE (0274)7471199 Informasi : info@alnect.net
Marketing : sales@alnect.net
Dengan harga spesial nan terjangkau.

Hanya dengan Rp. 3.595.000,- anda sudah dapat membawa netbook ini dan menikmati beragam fasilitas yang ditawarkannya.



PREVIEW DIATAS MERUPAKAN HALAMAN PARTISIPASI DALAM BLOG CONTEST. BAGI PARA BLOGER YANG BERMINAT SILAHKAN KLIK BANNER DIBAWAH INI

Alnect computer Blog Contest




MA (15), siswi salah satu sekolah menengah atas (SMA) negeri di Kabupaten Sinjai, nyaris menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking) ke Nanggroe Aceh Darussalam oleh pria bernama Anwar asal Kabupaten Gowa.

MA bersama keluarganya, Akbar, mendatangi Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar di Jl Serigala untuk meminta bantuan hukum, Sabtu (6/6). Di LBH, MA mengungkap kronologi yang dialaminya. Namun, dia tampak malu saat sejumlah wartawan dari berbagai media mengetahui keberadaannya di kantor tersebut. Dia selalu membelakangi wartawan meski tetap menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya.


Korban yang bertubuh sintal ini mengaku, kejadian tersebut bermula saat Anwar mampir di toko di rumah korban di Sinjai sekitar pertengahan Mei lalu. Saat itu, Anwar membeli rokok. Setelah itu, Anwar kemudian minta tolong kepada korban agar meminjamkan ponselnya.

"Katanya ingin melakukan missed call ke ponselnya karena lupa di mana ia meletakkannya," kata MA. Tanpa curiga dan bermaksud menolong, MA lalu menyerahkan ponselnya. Anwar lalu melakukan panggilan ke ponselnya. Setelah menemukan ponselnya, Anwar kemudian pamit. "Dia sempat menyatakan terima kasih," kata gadis berambut ikal ini.

Tiba-tiba, pada malam harinya, Anwar menghubungi ponsel MA. "Awalnya saya kira orang salah sambung. Tapi, setelah memperkenalkan diri bahwa dia yang tadinya meminjam ponselku, saya lalu meladeninya tanpa curiga. Ternyata dia itu memang hanya mau tau nomor teleponku," katanya.

Keduanya lalu berbincang akrab. Keakraban via ponsel ini berlangsung sekitar beberapa hari. Hingga suatu saat keduanya janjian bertemu di salah satu SPBU yang sedang dalam tahap perbaikan.

"Waktu ketemu saya dijanjikan akan disekolahkan dan diberi pekerjaan di Kota Makassar. Dia mengaku bisa mencarikan pekerjaan karena dia wartawan (menyebut salah satu media harian di Makassar)," katanya.

Tanpa pamit keluarga, dengan menggunakan sepeda motor, keduanya meninggalkan Sinjai, 27 Mei lalu dan bermalam di Bulukumba. "Awalnya saya bermalam di rumah keluarga Anwar. Besoknya saya pun diajak bermalam di salah satu wisma di Bulukumba. Di situlah saya dikerjai (berhubungan intim). Setelah itu, saya dibawa ke Makassar," katanya.

Di Makassar, Anwar kembali "mengerjai" MA di salah satu wisma. Namun, MA mengaku tidak tahu di wisma mana dia menginap. Selama bersama Anwar, dia selalu berjanji akan memperistrikannya. Kecurigaan MA mulai timbul saat secara tidak sengaja mendengar kalau dirinya akan dipekerjakan di Aceh.

"Saya langsung panik," katanya. Beruntung, MA yang dilarang membawa ponsel oleh Anwar, masih mengingat nomor telepon salah seorang keluarganya yang menetap Makassar. MA lalu meminjam ponsel Anwar dengan alasan ingin kirim pesan singkat ke rekannya. MA lalu menggunakan kesempatan itu untuk menghubungi keluarganya dan menyampaikan apa yang dialaminya. Dia lalu janjian akan ketemu di Terminal Regional Daya (TRD). Setelah itu, MA minta Anwar agar diantar ke TRD dengan alasan untuk bertemu dengan rekannya yang sudah di-SMS.

Sementara keluarga MA sudah menghubungi Polsek Biringkanaya dan menunggu di TRD. Tak lama kemudian, MA dibonceng Anwar betul-betul ke TRD. Polisi pun langsung membekuk Anwar. Hingga kemarin, Anwar masih meringkuk di tahanan Polres Sinjai.

Ketua Divisi Perempuan dan Anak LBH Makassar Fajriani Langgeng yang mendampingi korban mengatakan, dalam waktu yang dekat akan mempertanyakan langsung perkembangan kasus tersebut.

"Agaknya kasus ini seolah-olah dibiarkan berlarut-larut oleh polisi. Apalagi salah seorang keluarga korban mengaku pernah melihat keluarga tersangka dari polisi militer mendatangi Polres Sinjai," jelas Fajriani.

Sementara Kapolres Sinjai AKBP Sugeng Riadi Rikolot belum berhasil dikonfirmasi mengenai perkembangan kasus ini. Berkali-kali ponselnya dihubungi, tetapi tidak diangkat meski terdengar nada aktif.

sumber



MISTERI GURUN SAHARA

Posted by GERY On 04.03 2 comments

Misteri tentang ganasnya gurun pasir memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Misteri inilah yang mendorong si Michael Palin untuk membuktikan kebenarannya. Misteri Saharan walau kedengaran seram, namun tidak pernah mematahkan sema pengembara yang datang dari bebagai pelosok dunia yang merasa tertantang untuk menaklukkan padang pasir atau sahara. Telah banyak aku membaca informasi tentang hal ini ditambah visualisasi lengkap dari video petualangan si Michael Palinlah yang akhirnya memutuskan untuk berbagi inforasi ringan tentang mitos padang pasir.

Mendengar kata Padang pasir atau sebagian orang menyebutnya gurun sahara, pikiran kita langsung tertuju kenegara Timur Tengah atau Afrika itu yg sudah sangat kita kenal. Hal ini membuat saya kadang-kadang merenung. Negara yang saya tempati ini selama puluhan tahun belakangan ini (Saudi Arabia) begitu tandusnya, gunung-gunung, hamparan pasir, semua batu yang tidak memungkinkan tumbuhnya penghijauan ataupun hutan rimba seperti di negara kita, tapi SANG PENCIPTA begitu adilnya. Coba kita tengok, di negara tandus dan gersang ini tertimbun kekayaan yg tiada tara dari tambang minyak sampai tambang emasnya yg merupakan kekayaan negara ini, di-sela-sela batu cadas yg ada digunung ini tumbuhlah pohon kaktus yg banyak tumbuh di kota Thaif.

Kota Thaif ini udaranya sangat dingin melebihi puncak. Thaif walaupun dingin udaranya, namun rata-rata gunungnya tetap gundul . Tanaman yang banyak tumbuh adalah pohon kaktus tadi. Pohon ini termasuk tanaman liar, tumbuh subur dihiasi bunga-bunga nan cantik. Saya sendiri baru tahu kalau kaktus ini ternyata bisa berbuah dan buahnya bisa dimakan. Buah ini bergantungan di pinggir-pinggir daunnya dan berduri halus. Orang Arab menamakan buah kaktus ini barsyuumi, konon buah kaktus ini rasanya manis, dan banyak biji persis seperti biji jambu klutuk. Secara kasat mata bisa dikatakan bahwa bentuk buah ini seperti buah mengkudu atau pace seperti kebanyakan orang Jawa menyebutnya.

Padang pasir sahara yang maha luas yang terdapat di bumi ternyata mencakup sepertiga wilayah bumi. Gurun merupakan daerah luas yang kering dan berpasir karena rendahnya angka hujan di sahara. Suhu padang pasir yang pada siang hari begitu menyengat dan bisa membuat otak mendidih, konon karena saking panasnya, orang-orang gurun biasa memanggang roti hanya dengan dikubur di pasir dan roti akan matang dan hasilnya tidak kalah nikmat dari yang dibakar di dalam oven, baunya yang semerbak harum akan terbawa angin kemana-mana dan membelai hidung para pelancong yang kebetulan lewat.

Namun..... bila malam menjelang dan kegelapan semakin tua, temperatur akan drop sangat dingin, hal ini dikarenakan rendahnya kelembaban udara. Di Australia sendiri hamparan gurun pasir sangat mendominasi benua. Rasanya gurun pasir Australia ataupun yang di Afrika atau di Timur tengah tiada banyak perbedaan. Tanah kering dan jarang terdapat tanaman, dan kalau toch ada maka lebih banyak adalah jenis kaktus atau semak belukar seperti yang telah dikemukakan oleh mbakyu Scorties aka mabk Thia.

Di Sahara animal kingdom yang biasa merajai adalah : heynas, gizzele, kalajengking, ular, anjing liar dan tentu tidak ketinggalan sang unta yang merupakan ratu padang pasir yang pinggulnya senantiasa megal-megol sexy, dan punggung yang sarat muatan. Sungguh membayangkan suasana seperti inipun sudah mampu menerbangkan fantasi tersendiri. Walau kelihatannya padang pasir merupakan tempat yang sangat tidak menjanjikan namun pada kenyataannya, banyak orang di Timur Tengah, Afrika dan sedikit masyarakat asli Australia yang sangat enjoy menetap di luasnya gurun pasir yang masih asli lengkap dengan ketandusan, kegersangan, dan yang penuh misteri.

Salah satu suku yang terkenal sebagai penduduk tetap gurun adalah suku Bedouin, suku ini terkenal tangguh dan benar-benar penakluk gurun. Di Afrika, seperti Somalia, Sudan, Kenya dan lain-lain juga terdapat suku-suku yang menetap di desa-desa di tengah gurun pasir Membaca buku yang menceritakan kehidupan masyarakat gurun pasir seolah membawa angan kita ke suatu masa beratus-ratus abad lalu, kental dengan mitos-mitos yang berkembang pula di masyarakat gurun. Penduduk gurun pasir tentu sangat kuat-kuat, ototnya bak kawat dan tulangnya serasa besi. Manusia tangguh yang tahan banting menerjang ganasnya alam. Mata pencaharian orang gurun biasanya adalah penggembala ternak, baik domba ataupun unta.

Mereka umumnya tinggal di tenda-tenda yang dibuat dari kulit binatang. Sebut saja bagaimana vitalnya kehadiran unta di sahara, dari daging sampai kotorannya bisa dimanfaatkan. Lepas dari kehidupan manusianya, konon, bagi orang awam yang tidak pernah ke gurun pasir, akan mengalami hal-hal yang dianggap tidak masuk akal, suara angin yang menderu menyeramkan bak suara raksasa, badai gurun, panas yang sangat menyengat yang kadang-kadang bisa menyebabkan halusinasi, tipuan mata dengan munculnya fatamorgana, dari jauh nampak oase yang ijo royo-royo, namun kala didekati ternyata gurun datar yang tandus, atau yang dari jauh nampak seperti danau yang menentramkan penuh janji akan segarnya air, ketika didekati hanyalah pasir yang menghampar, dan masih banyak lagi misteri-misteri gurun.

Mitos angkernya gurun pasir lengkap dengan ganasnya camel spider yang konon sangat mematikan, walau pada kenyataanya spider jenis ini hanya sangat mematikan bagi binatang seperti unta, sampai mitos kerajaan Jin dengan bala tentaranya yang super nggenggirisi dan yang suka menganggu para pelancong, ataupun cerita para bandit yang liar yang tidak segan membunuh korbannya, banyak kisah tentang bandit padang pasir ini.

Di Somalia atau Ethiopia, ada sekelompok bandit yang sangat terkenal yang tidak segan-segan membunuh korbannya yang kemudian mayatnya ditinggal begitu saja membusuk di tengah gurun. Ada lagi yang tidak kalah seram yaitu tawa heynas yang sedang kelaparan, ular-ular yang penuh racun, dan berbagai cerita hantu, semakin membuat hati penasaran siapa saja yang mempunyai jiwa petualang ingin membuktikan kebenarannya. Semakin berbahaya akan semakin challenging.
sumber




Kota Jakarta adalah jantung ibukota dari negara Republik Indonesia di mana pusat perekonomian beserta berjuta permasalahannya ada di kota kecil padat penduduk ini. Di balik nama beberapa daerah di Jakarta tersimpan kisah, cerita dan sejarah dari mana nama itu muncul.
Berikut di bawah ini adalah beberapa asal-muasal nama daerah terkenal
di DKI Jakarta :

A. Glodok

Asalnya dari kata grojok yang merupakan sebutan dari bunyi air yang jatuh dari pancuran air. Di tempat itu dahulu kala ada semacam waduk penampungan air kali ciliwung. Orang tionghoa dan keturunan tionghoa menyebut grojok sebagai glodok karena orang tionghoa sulit mengucap kata grojok seperti layaknya orang pribumi.

B. Kwitang
Dulu di wilayah tersebut sebagian tanah dikuasai dan dimiliki oleh tuan tanah yang sangat kaya raya sekali bernama Kwik Tang Kiam. Orang Betawi jaman dulu menyebut daerah itu sebagai kampung si kwi tang dan akhirnya lama-lama tempat tersebut dinamai kwitang.


C. Senayan
Dulu daerah senayan adalah milik seseorang yang bernama wangsanaya yang berasal dari Bali. Tanah tersebut disebut orang-orang dengan sebutan wangsanayan yang berarti tanah tempat tinggal atan tanah milik wangsanaya. Lambat laun akhirnya orang menyingkat nama wangsanayan menjadi senayan.

D. Menteng
Daerah Menteng Jakarta Pusat pada zaman dahulu kala merupakan hutan yang banyak pohon buah-buahan. Karena banyak pohon buah menteng orang menyebut wilayah tersebut dengan nama kampung menteng. Setelah tanah itu dibeli oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1912 sebagai lokasi perumahan pegawai pemerintah Hindia Belanda maka daerah itu disebut menteng.

Adalagi....

1. Karet Tengsin
Nama daerah yang kini termasuk kawasan segitiga emas kuningan ini berasal dari nama orang cina yang kaya raya dan baik hati. Orang itu bernama Tan Teng Sien. Karena baik hati dan selalu memberi bantuan kepada orang-orang sekitar kampung, maka Teng Sien cepat dikenal oleh masyarakat sekitar dan selalu menyebut daerah itu sebagai daerah Teng Sien. Karena pada waktu itu banyak pohon karet, maka daerah itu dikenal dengan nama Karet Tengsin.

2. Kebayoran
Kebayoran berasal dari kata kebayuran, yang artinya "tempat penimbunan kayu bayur". Kayu bayur yang sangat baik untuk dijadikan kayu bangunan karena kekuatanya serta tahan terhadap rayap.

3. Lebak Bulus
Daerah yang terkenal dengan stadion dan terminalnya diambil dari kata "lebak" yang artinya lembah dan "bulus" yang berarti kura-kura. Jadi lebak bulus dapat disamakan dengan lembah kura-kura. Kawasan ini memang kontur tanahnya tidak rata seperti lembah dan di kali Grogol dan kali Pesanggrahan-dua kali yang mengalir di daerah tersebut-memang terdapat banyak sekali kura-kura alias bulus.

4. Kebagusan
Nama kebagusan-daerah yang menjadi tempat hunian mantan presiden megawati-berasal dari nama seorang gadis jelita, Tubagus Letak Lenang.
Konon, kecantikan gadis keturunan kesultanan banten ini membuat banyak pemuda ingin meminangnya. Agar tidak mengecewakan hati pemuda itu, ia akhirnya memilih bunuh diri. Sampai sekarang makam itu masih ada dan dikenal dengan nama ibu Bagus.

5. Ragunan
Berasal dari Wiraguna, yaitu gelaran yang di sandang tuan tanah pertama kawasan tersebut berna Hendrik Lucaasz Cardeel, yang diperolhnya dari sultan banten Abunasar Abdul Qahar, putra Sultan Ageng Tirtayasa.

6. Pasar Rumput
Dulu, tempat ini merupakan tempat berkumpulnya para pedagang pribumi yang menjual rumput. Para pedagang rumput terpaksa mangkal dilokasi ini karena mereka tidak diperbolehkan masuk ke permukiman elit menteng. Saat itu, sado adalah sarana transportasi bagi orang-orang kaya sehingga hampir sebagian besar penduduk menteng memelihara kuda.

7. Paal Meriam
Asal usul nama daerah yang berada diperempatan Matraman dengan jatinegara ini berasal dari suatu peristiwa sejarah yang terjadi sekitar tahun 1813. Pada waktu itu pasukan artileri meriam inggris yang akan menyerang batavia, mengambil daerah itu untuk meletakan meriam yang sudah siap ditembakan. Peristiwa tersebut sangat
mengesankan bagi masyarakay sekitar dan menyebut nama daerah ini paal meriam (tempat meriam disiapkan)

8. Cawang
Duku, ketika belanda berkuasa, ada seorang letnan melayu yang mengabdi pada kompeni, bernama Ende Awang. Letnan ini bersama anak buahnya bermukim di kawasan yang tak jauh dari jatinegara. Lama kelamaan sebutan Ence Awang berubah menjadi Cawang.

9. Pondok Gede
Sekitar Tahun1775, Lokasi ini merupakan lahan pertanian dan peternakan yang disebut dengan onderneming. Di sana terdapat sebuah rumah yang sangat besar milik tuan tanah yang bernama Johannes Hoojiman. Karena merupakan satu-satunya bangunan besar yang ada dilokasi tersebut, bangunan itu sangat terkenal. Masyarakat pribumi pun menjulukinya "Pondok Gede"

10. Condet Batu Ampar dan Balekambang
Pada jaman dahulu ada sepasang suami istri, namanya pangeran geger dan nyai polong, memiliki beberapa orang anak. Salah satu anaknya, perempuan, di beri nama Siti Maemunah, terkenal sangat cantik.
Pangeran Astawana, anak pangeran Tenggara atau Tonggara asal makassar pun tertarik melamarnya.
Siti Maemunah meminta dibangunkan sebuah rumah dan tempat peristirahatan diatas empang, dekat kali ciliwung, yang harus selesai dalam satu malam. Permintaan itu disanggupi dan menurut legenda, esok harinya sudah tersedia rumah dan sebuah bale disebuah empang dipinggir kali ciliwung. Untuk menghubungkan rumah itu dengan kediaman keluarga pangeran tenggara , dibuat jalan yang diampari (dilapisi) Batu.

Demikian menurut cerita, tempat yang dilalui jalan yang diampari batu itu selanjutnya disebut batu ampar, dan bale (balai) peristirahatan yang seolah-olah mengambang di atas air itu di sebut Balekambang.

Buncit : dulunya di jalan buncit raya sekarang ada pedagang kelontong China berperut gendut (Buncit) yg terkenal.

Bangka : dulunya disana banyak ditemukan mayat (bangke/bangkai) orang yg dibuang di kali krukut.

Cilandak : konon di sana pernah ditemukan seekor landak raksasa

Tegal Parang : di sana banyak ditemukan alang2 tinggi (tegalan) yg dipotong dgn parang(golok).

Blok A/M/S : dulunya sekitar situ tempat pembukaan perumahan baru yg ditandai dgn blok, mulai A-S. Sayang yg tersisa tinggal 3 blok doang.

Kampung Ambon.
Berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur, nama Kampung Ambon sudah ada sejak tahun 1619. Pada waktu itu JP Coen sebagai Gubernur Jenderal VOC menghadapi persaingan dagang dengan Inggris.
Untuk memperkuat angkatan perang VOC, Coen pergi ke Ambon lalu merekrut masyarakat Ambon untuk dijadikan tentara. Pasukan dari Ambon yang dibawa Coen itu kemudian diberikan pemukiman di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Sejak itulah pemukiman tersebut dinamakan Kampung Ambon.

Sunda Kelapa.
Sunda Kelapa merupakan sebutan sebuah pelabuhan di teluk Jakarta. Nama kelapa diambil dari berita yang terdapat dalam tulisan perjalanan Tome Pires pada tahun 1513 yang berjudul Suma Oriental. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa nama pelabuhan itu adalah Kelapa. Karena pada waktu itu wilayah ini berada di bawah
kekuasaan kerajaan Sunda maka kemudian pelabuhan ini disebut Sunda Kelapa.

Pondok Gede.
Sekitar tahun 1775 daerah Pondok Gede merupakan lahan pertanian dan peternakan yang disebut onderneming. Di daerah pertanian dan peternakan milik tuan tanah bernama Johannes Hoojman yang kaya raya itu terdapat sebuah Landhuis, atau rumah besar tempat tinggal dan sekaligus tempat pengurus usaha pertanian dan
peternakan. Karena besarnya bangunan Landhuis itu, masyarakat pribumi sering menyebutnya Pondok Gede.

Pasar Senen.
Pasar Senen pertama kali dibangun oleh Justinus Vinck. Orang-orang Belanda menyebut pasar ini dengan sebutan Vinckpasser (pasar Vinck). Tetapi karena hari pada awalnya Vinckpasser dibuka hanya pada hari Senin, maka pasar itu disebut juga Pasar Senen (disesuaikan dengan kebiasaan orang-orang yang lebih sering menyebut
Senen ketimbang Senin). Namun seiring kemajuan dan pasar Senen semakin ramai, maka sejak tahun l766 pasar ini pun buka pada hari-hari lain.

Taman Anggrek berawal dr keinginan bu Tien untuk mengambil kebon anggrek milik juragan tanah sunda bernama Rasman, yg di kenal orang2 sekitar dengan nama H.Rasman karna dia memiliki tanah ber-hektar2 di Cipete. Jadi bu Tien mengambil bunga2 anggrek tersebut dgn niat membeli (tapi namun tidak di bayar) yg akhirnya di pindahkan ke daerah jakarta barat situh yg skrg jd Mall Taman Anggrek.

Kemudian di pindahkhan lagi ke yg skrg smua orang ketahui ada di Taman Mini Indonesia Indah.

Walopun bunga2 anggreknya dah gak ada, namun Jl Kebon Anggrek masih ada jg sampe skrg. Lokasinya di cipete (sbrang SMA Cendrawasih)

Grogol.
Grogol berasal dari bahasa Sunda (g a r o g o l) yang artinya perangkap terdiri dari tombak-tombak yang digunakan untuk menangkap hewan liar yang banyak terdapat di hutan. Nama Garogol dipasang sebagai nama sebuah desa di Limo Depok.

Dahulu kawasan ini memang masih hutan liwang-liwung yang kata pak dalang "jalma mara-jalma mati" alias menyeramkan. Sudah barang tentu di kawasan ini banyak terdapat hewan liar dan buas sehingga penduduk setempat memburunya dengan memasang perangkap (garogol). Hewan yang masuk ke perangkap mirip ciptaan "geek" alias soldadu Vietnam dijamin akan mati tertembus ujung tombak yang menganga didasar lubang. Tapi belum jelas apakah jaman dulu ada keresahan masyarakat bahwa kambing mereka pada tewas karena darahnya dihisap oleh "mahluk misterius" yang sekarang kian marak di Depok.

Konsekwensinya kali yang melewati desa ini juga dinamai kali Garogol. Penduduk Betawi yang main gampang saja, setiap ada desa dilalui kali ini langsung di beri stempel desa Grogol, kampung Grogol.

Repotnya pada peta keluaran tahun 1903, ada kampung bernama Grogol di kawasan Pal Merah. Dari Pal Merah, kali Grogol meliwati Taman Anggrek untuk menuju ke kawasan Pluit (jalan Latumeten) dan tiba pada satu daerah yang kini disebut Grogol- Negeri Tanah Tumpah Darah Anak Beta.
Kalau yang memberi nama orang jaman sekarang bisa-bisa namanya "Grogol
Perjuangan."

Pada 1928, sebagian Kali Grogol diuruk oleh Kumpeni. Pasalnya volume air yang mengalir di banding kapasitas kali sering tidak memadai. Dan ini bisa mengancam kehidupan kastil sehingga harus dialirkan keluar kawasan kastil.

Pada 1950-an kawasan Grogol menjadi populer. Karena tercatat terlanggar banjir bandang yang merendam kelurahan ini. Untuk pengendalian banjir di bangun pula waduk Grogol yang letaknya di jalan dr. Semeru (Sumeru) sekarang ini. Di tengah waduk ada air muncrat yang memang agak indah tetapi meresahkan masyarakat. Pasalnya air yang muncrat tadi kualitasnya kurang bagus sering ketika butiran air yang
menjulang tinggi lalu di tiup angin pantai, maka banyak baju penduduk yang sedang dijemur tiba-tiba saja diberi tambahan noda kuning dan berbau got. Bertepatan dengan alat pompa yang sering ngadat, maka pemandangan air muncrat sudah nyaris tidak dipertunjukkan.

Soal nama jalan juga unik. Nama jalan disini mengambil nama pahlawan seperti Latumeten, Sumeru, Mawardi, Susilo. Semeru adalah nama dari Dokter Sumeru salah satu tokoh pejuang bangsa Indonesia, disamping nama Dokter Mawardi, Dr. Susilo. Lalu lidah Jawa mulai mengubahnya menjadi Semeru dan seperti keahlian bangsa ini, nama inipun di utak-atik lagi sehingga menjadi suatu statement bahwa S(u)meru adalah nama Gunung. Nama dokter Mawardi cuma kepleset sedikit menjadi dr.
Muwardi.

Banyak surat pos datang kepada saya dengan alamat Jalan Gunung Semeru, Grogol (dulu). Untung saja pak pos paham akan kesalahan dimana lokasi daerah dengan Kode Pos 11400 (ini pentingnya menulis Kode Pos dalam setiap surat, kalau terjadi kebingungan nama bisa merujuk ke kode pos).

Tahun 1960, Grogol menjadi ngetop lagi sekalipun rada minir, sebab disana di bangun Rumah Sakit Jiwa sehingga konotasi "dasar Orang Grogol" sering berarti orang yang kurang satu strip lantaran kabel hijau (masa) di otaknya ada yang lepas.

Pada 1970, nama Grogol kembali menjadi buah bibir pembicaraan orang karena dibangun Terminal Bis yang besar di sana. Belakangan terminal yang sangat ramai ini di pindahkan ke KaliDeres yang bisnya sering menyingkat plang trayek sebagai "X-deres". Sekali tempo ada orang mendapat kecelakaan dijalan raya sehingga napasnya sudah tinggal satu-satu saat dibawa ke RS Sumber Waras. Karena tidak ada keluarga yang menunggunya, seorang suster membisikkan kata "nyebut Bang" -
sebuah tradisi untuk melafalkan nama Tuhan ketika seseorang dalam keadaan koma. Si abang nampaknya mengerti, mulutnya lirih menyebut sesuatu sebelum meninggal "g a r o g o l, g a r o g o l" - Kernet bis rupanya dia.

Utan Kayu
dulunya memang berbentuk hutan disamping basis prajurit Mataram mau menyerang Batavia. Hutan ini sumber kayu dari perumahan-perumahan maupun perkampungan para pengepung batavia maupun benteng belanda jaman dulu. Saking lebatnya hutan ini yang disertai rawa-rawa kemudian saat pembangunan daerah ini, mulai disebut Hutan Kayu yang kemudian dipersingkat menjadi Utan Kayu. Sisa kejayaan dari hutan ini masih dirasakan hingga saat ini dimana kawasan ini masih cukup hijau dan
sejuk meski bukan termasuk dalam kawasan mewah seperti halnya Menteng.

Rawamangun
Melanjutkan cerita mengenai Utan Kayu, hutan yang sangat lebat disertai yang didalamnya terdapat banyak rawa-rawa yang kemudian setelah masa perang dengan mataram selesai dan perluasan kota batavia, mulai diterabas untuk pembangunan wilayah perumahan. Struktur tanah yang sifatnya rawa-rawa asalnya, membuat banyak pembangunan yang menggunakan pondasi ekstra dalam untuk wilayah ini, dan seperti halnya sifat rawa-rawa yang selalu berada ditengah hutan dan mirip halnya
daerah Utan Kayu, Rawamangun juga masih relatif lebih hijau.

Hek
Tempat yang terletak antara Kantor Kecamatan Kramatjati dan kantor Polisi Resor Kramatjati, sekitar persimpangan dari jalan Raya Bogor ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terus ke Pondokgede, dikenal dengan nama Hek.

Rupanya, nama tersebut berasal dari bahasa Belanda. Menurut Kamus Umum Bahasa Belanda – Indonesia (Wojowasito 1978:269), kata hek berarti pagar. Tetapi menurut Verklarend Handwoordenboek der Nederlandse Taal (Koenen- Endpols, 1946:388), kata hek dapat juga berarti pintu pagar ("..raam-of traliewerk…"). Dari seorang penduduk setempat yang sudah berumur lanjut, diperoleh keterangan, bahwa di tempat itu dahulu memang ada pintu pagar, terbuat dari kayu bulat, ujung – ujungnya
diruncingkan, berengsel besi besar – besar, bercat hitam. Pintu itu digunakan sebagai jalan keluar – masuk kompleks peternakan sapi, yang sekelilingnya berpagar kayu bulat. Kompleks peternakan sapi itu dewasa ini menjadi kompleks Pemadam Kebakaran dan Kompleks polisi Resort Keramatjati. Sampai tahun tujuh puluhan kompleks tersebut masih biasa disebut budreh, ucapan penduduk umum untuk kata boerderij, yang berarti kompleks pertanian dan atau peternakan.

Kompleks peternakan tersebut merupakan salah satu bagian dari Tanah Partikelir Tanjoeng Oost, yang pada masa sebelum Perang Dunia Kedua terkenal akan hasil peternakannya, terutama susu segar untuk konsumsi orang – orang Belanda di Batavia. (Sumber: De Haan 1935: Van Diesen 1989).

Jalan Cengkeh
Jalan Cengkeh terletak di Kota Tua Jakarta sebelah utara Kantor Pos, di samping sebelah timur Pasar Pisang.

Dahulu jaman penjajahan Belanda, Jalan itu bernama Princenstraat, tetapi umum juga disebut Jalan Batutumbuh, mungkin karena disana terdapat batu bertulis. Kawasan sekitar batu prasasti Purnawarman, di Tugu juga biasa disebut Kampung Batutumbuh.

Pada tahun 1918, di dekat tikungan Jalan Cengkeh ke Jalan Kalibesar Timur, yang waktu itu bernama Groenestraat, ditemukan batu bertulis peninggalan orang – orang Portugis, yang biasa disebut padrao. Padrao itu dipancangkan oleh orang – orang Portugis, menandai tempat akan dibangun sebuah benteng, sesuai dengan perjanjian yang dibuat antara Raja Sunda dengan perutusan Portugis yang dipimpin oleh Henriquez de Lemme, yang menurut Sukamto ditandatangani pada tanggal 21 Agustus
1522. Batu bertulis itu diberi ukiran berupa lencana. Raja Immanuel. Rupanya de Leme beserta rombongannya belum mengetahui bahwa raja Portugal tersebut telah meninggal tanggal 31 Desember 1521.

Dalam perjanjian tersebut disepakati bahwa Portugis akan mendirikan benteng di Banten dan Kalapa. Untuk itu tiap kapal Portugis yang datang akan diberi muatan lada yang harus ditukar dengan barang–barang keperluan yang diminta oleh pihak Sunda. Mulai saat benteng dibangun pihak Sunda akan menyerahkan 1.000 karung lada tiap tahun untuk ditukarkan dengan barang – barang yang dibutuhkan (Sumber:Hageman 1867: Soekamto 1956: Danasasmita 1983)

Japat
Japat terletak di sebelah tenggara Pelabuhan Sunda Kalapa, termasuk wilayah kelurahan Ancol Utara, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.
Nama kawasan tersebut berasal dari kata jaagpad. Ada yang mengatakan, kata jaagpad berarti "Jalan setapak yang biasa digunakan untuk berburu" . Katanya jaag, dari jagen, artinya "berburu" Pad, artinya "jalan setapak" padahal, kata jaagpad tidak ada sangkut pautnya dengan berburu, melainkan sebuah istilah dalam pelayaran perahu. Pada alur sungai atau terusan yang dangkal, perahu yang melaluinya baru dapat bergerak maju, kalo ditarik. Pada jaman Kompeni Belanda, bahkan
beberapa dasawarsa sebelum pelabuhan Tanjungpriuk dibuat, kapal–kapal (layar) yang cukup besar bila berlabuh dipelabuhan Batavia, yang sekarang menjadi Pelabuhan Sunda Kalapa, tidak merapat seperti sekarang, melainkan biasa membuang sauh masih jauh dilaut lepas.
Pengangkutan orang dan barang dari kapal biasa dilakukan dengan perahu. Untuk mempermudah pendaratan, di sebelah rimur Pelabuhan Sunda Kalapa sekarang dibuat terusan khusus untuk perahu – perahu pendarat.
Terutama di musim hujan, terusan tersebut biasa menjadi dangkal, dipenuhi lumpur dari darat bercampur pasir dari laut sehingga perahu kecil pun sulit melewatinya. Apalagi perahu besar, berlunas lebar, sarat muatan, agar bisa bergerak maju harus dihela beberapa kuda atau sejumlah orang yang berjalan di depan perahu, sebelah kiri dan kanan terusan.

Terusan tersebut diuruk pada abad ke- 19, sehingga sekarang sulit untuk melacaknya. Yang tersisa hanya sebutannya jaagpad yang berubah menjadi japat, sebagai nama dari kawasan tersebut.

Jatinegara
Jatinegara dewasa ini menjadi nama sebuah Kecamatan. Kecamatan Jatinegara, Kotamadya Jakarta Timur, salah satu pusat Kota Jakarta yang multipusat itu.
Nama Jatinehara baru muncul pada kawasan tersebut, sejak tahun 1942, yaitu pada awal masa pemerintahan pendudukan balatentara Jepang di Indonesia, sebagai pengganti nama Meester Cornelis yang berbau Belanda.

Sebutan Meester Cornelis mulai muncul ke pentas sejarah Kota Jakarta pada pertengahan abad ke-17, dengan diberikannya izin pembukaan hutan dikawasan itu kepada Cornelis Senen adalah seorang guru agama Kristen, berasal dari Lontor, pulau Banda. Setelah tanah tumpah – darahnya dikuasai sepenuhnya oleh kompeni, pada tahun 1621 Senen mulai bermukim di Batavia, ditempatkan di kampung Bandan. Dengan tekun ia mempelajari agama Kristen sehingga kemudian mampu mengajarkannya kepada kaum sesukunya. Dia dikenal mampu berkhotbah baik dalam bahasa Melayu maupun dalam bahasa Portugis (kreol) Sebagai guru, ia biasa dipanggil
mester, yang berarti "tuan guru". Hutan yang dibukanya juga dikenal dengan sebutan Mester Cornelis, yang oleh orang – orang pribumi biasa disingkat menjadi Mester. Bahkan sampai dewasa ini nama itu nampaknya masih umum digunakan oleh penduduk Jakarta, termasuk oleh para pengemudi angkot (angkutan kota).

Kawasan hutan yang dibuka oleh Mester Cornelis Senen itu lambat laun berkembang menjadi satelit Kota Batavia. Dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah oleh Pemerintah Hindia Belanda dibentuklah Pemerintahan Gemeente (kotapraja) Meester Cornelis, bersamaan dengan dibentuknya Gemeente Batavia. Kemudian, mulai tanggal 1 Januari 1936 Gemeente Meester Cornelis digabungkan dengan Gemeente Batavia.

Disamping kedudukannya sebagai gemeente, pada tahun 1924 Meester Cornelis dijadikan nama kabupaten, Kabupaten Meester Cornelis, yang terbagi menjadi 4 kewedanaan, yaitu Kewedanaan Meester Cornelis, Kebayoran, Bekasi, dan Cikarang (Kolonial Tidschrifft, Maart 1933:1).

Pada jaman Jepang pemerintah pendudukan jepang, nama Meester Cornelis diganti menjadi Jatinegara, bersetatus sebagai sebuah Siku, setingkat kewedanaan, bersama – sama dengan Penjaringan, Manggabesar, Tanjungpriuk, Tanahabang, Gambir, dan Pasar Senen.

Ketika secara administrative Jakarta ditetapkan sebagai Kotapraja Jakarta Raya, Jatinegara tidak lagi menjadi kewedanaan, karena kewedanaan dipindahkan ke Matraman, dengan sebutan Kewedanaan Matraman. Jatinegara menjadi salah satu wilayah Kecamatan Pulogadung, Kewedanaan Matraman (The Liang Gie 1958:144)

Jatinegara Kaum
Jatinegara Kaum dewasa ini menjadi sebuah kelurahan, Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung, Kotamadya Jakarta Timur. Disebut Jatinegara Kaum, karena di sana terdapat kaum, dalam hal ini rupanya kata kaum diambil dari bahasa Sunda, yang berarti "tempat tinggal penghulu agama beserta bawahannya" (Satjadibrata, 1949:149).
Sampai tahun tigapuluh abad yang lalu, penduduk Jatinegara Kaum umumnya berbahasa Sunda (Tideman 1933:10).

Dahulu Jatinegara Kaum merupakan bagian dari kawasan Jatinegara yang meliputi hamper seluruh wilayah Kecamatan Pulogadung sekarang. Bahkan di wilayah Kecamatan Cakung sekarang, terdapat sebuah kelurahan yang bernama Jatinegara, yaitu Kelurahan Jatinegara.

Dari mana asal nama Jatinegara serta kapan kawasan tersebut bernama demikian, belum dapat dinyatakan dengan pasti. Yang jelas nama kawasan tersebut baru disebut – sebut pada tahun 1665 dalam catatan harian (Dagh Register) Kastil Batavia, waktu diserahkan kepada Pangeran Purbaya beserta para pengikutnya. Pangeran Purbaya adalah salah seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Banten yang digulingkan
dari tahtanya oleh putranya sendiri, Sultan Haji, dengan bantuan kompeni Belanda pada tahun 1682. Setelah tertawan, Pangeran Purbaya beserta saudara – saudaranya yang lain, seperti Pangeran Sake dan Pangeran Sangiang, ditempatkan di dalam benteng Batavia. Kemudian, ditugaskan untuk memimpin para pengikutnya, yang ditempatkan dibeberapa tempat, seperti Kebantenan, Jatinegara, Cikeas, Citeurep,
Ciluwar, dan Cikalong.

Orang – orang Banten yang bermukim di Jatinegara, awalnya dipimpin oleh Pangeran Sangiang. Karena dianggap terlibat dalam pemberontakan Kapten Jonker, kekuasaan Pangeran Sangiang di Jatinegara ditarik kembali, dan pada tahun 1680 diserahkan kepada Kiai Aria Surawinata, mantan bupati Sampora, kesultanan Banten (T.B.G. XXX:138) yang setelah menyerah kepada kompeni diangkat menjadi Letnan, di bawah Pangeran Sangiang. Sampai tahun 1689.Surawinata masih bermukim di Luarbatang .
Setelah Kiai Aria Surawinata wafat, berdasarkan putusan Pimpinan Kompeni Belanda di Batavia tertanggal 27 Oktober 1699, sebagai penggantinya adalah putranya, Mas Muhammad yang Panca wafat, sebagai penggantinya ditunjuk salah seorang putranya, Mas Ahmad. Pada waktu para bupati Kompeni diwajibkan untuk menanam kopi di wilayahnya masing–masing, penyerahan hasil pertanian itu dari tahun 1721 sampai dengan tahun 1723. tercatat atas nama Mas Panca. Baru pada tahun 1724 tercatat atas nama Mas Ahmad. Pada tahun 1740 rupanya Mas Ahmad masih menjadi bupati Jatinegara atas nama Mas Ahmad berjumlah 2.372,5 pikul, kurang lebih 14.650 kg.

Kebantenan
Kawasan Kebantenan, atau kebantenan, dewasa ini termasuk wilayah Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Kotamadya Jakarta Utara.

Dikenal dengan sebutan Kebantenan, karena kawasan itu sejak tahun 1685 dijadikan salah satu tempat pemukiman orang – orang Banten, dibawah pimpinan Pangeran Purbaya, salah seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa. Tentang keberadaan orang – orang Banten dikawasan tersebut, sekilas dapat diterangkan sebagai berikut.

Setelah Sultan Haji (Abu Nasir Abdul Qohar) mendapat bantuan kompeni yang antara lain melibatkan Kapten Jonker, Sultan Ageng Tirtayasa terdesak, sampai terpaksa meninggalkan Banten, bersama keluarga dan abdi–abdinya yang masih setia kepadanya. Mereka berpencar, tetapi kemudian terpaksa mereka menyerahkan diri, Sultan Ageng di sekitar Ciampea, Pangeran Purbaya di Cikalong kepada Letnan Untung (Untung Surapati).

Di Batavia awalnya mereka ditempatkan didalam lingkungan benteng. Kemudian Pangeran Purbaya beserta keluarga dan abdi–abdinya diberi tempat pemukiman, yaitu di Kebantenan, Jatinegara, Condet, Citeureup, dan Cikalong.

Karena dituduh terlibat dalam gerakan Kapten Jonker, Pangeran Purbaya dan adiknya. Pangeran Sake, pada tanggal 4 Mei 1716 diberangkatkan ke Srilangka, sebagai orang buangan. Baru pada tahun 1730 kedua kakak beradik itu diizinkan kembali ke Batavia. Pangeran Purbaya meninggal dunia di Batavia tanggal 18 Maret 1732.

Perlu dikemukakan, bahwa disamping Kabantenan di Jakarta Utara itu, ada pula Kabantenan yang terletak antara Cikeas dengan Kali Sunter, sebelah tenggara Jatinegara, atau sebelah barat daya Kota Bekasi. Disalah satu rumah tempat kediaman Pangeran Purbaya yang berada di barat daya Bekasi itu ditemukan lima buah prasasti berhuruf Sunda kuno, peninggalan jaman kerajaan Sunda, yang ternyata dapat sedikit membuka tabir kegelapan sejarah Jawa Barat.

Kampung Ambon
Merupakan penyebutan nama tempat yang ada di Rawamangun, Jakarta Timur. Nama ini sudah ada sejak tahun 1619. Pada waktu itu JP. Coen sebagai Gubernur Jenderal VOC menghadapi persaingan dagang dengan Inggris. Untuk memperkuat angkatan perang VOC, Coen pergi ke Ambon mencari bantuan dengan menambah pasukan dari masyarakat Ambon. Pasukan Ambon yang dibawa Coen dimukimkan orang Ambon itu lalu kita kenal sebagai kampung Ambon, terletak di daerah Rawamangun, Jakarta Timur.

Kampung Bali
Di wilayah Propinsi DKI Jakarta terdapat beberapa kampung yang menyandang nama Kampung Bali, karena pada abad ketujuhbelas atau kedelapanbelas dijadikan pemukiman orang–orang Bali, yang masing–masing dipimpin kelompok etnisnya. Untuk membedakan satu sama lainnya, dewasa ini biasa dilengkapi dengan nama kawasan tertentu yang berdekatan, yang cukup banyak dikenal. Seperti Kampung Bali dekat Jatinegara yang dulu bernama Meester Corornelis, disebut Balimester,
Kecamatan Jatinegara, Kotamadya Jakarta Timur.

Balimester tercatat sebagai perkampungan orang–orang Bali sejak tahun 1667.

Kampung Bali Krukut, terletak di sebelah barat Jalan Gajahmada sekarang yang dahulu bernama Molenvliet West. Di sebelah selatan, perkampungan itu berbatasan dengan tanah milik Gubernur Reineir de Klerk (1777 – 1780), dimana dibangun sebuah gedung peristirahatan, yang dewasa ini dijadikan Gedung Arsip Nasional.

Kampung Bali Angke sekarang menjadi kelurahan Angke, Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Disana terdapat sebuah masjid tua, yang menurut prasasti yang terdapat di dalamnya, dibangun pada 25 Sya'ban 1174 atau 2 April 1761. Dihalaman depan masjid itu terdapat kuburan antara lain makam Pangeran Syarif Hamid dari Pontianak yang riwayat hidupnya ditulis di Koran Javabode tanggal 17 Juli 1858. Dewasa ini mesjid tersebut biasa disebut Masjid Al- Anwar atau Masjid Angke.

Pada tahun 1709 di kawasan itu mulai pula bermukim orang – orang Bali di bawah pimpinan Gusti Ketut Badulu, yang pemukimannya berseberangan dengan pemukiman orang – orang Bugis di sebelah utara Bacherachtsgrach, atau Jalan Pangeran Tubagus Angke sekarang.
Perkumpulan itu dahulu dikenal dengan sebutan Kampung Gusti (Bahan: De Haan 1935,(I), (II):Van Diesen 1989).

Kampung Bandan
Merupakan penyebutan nama Kampung yang berada dekat pelabuhan Sunda Kelapa atau masih dalam Kawasan Kota Lama Jakarta (Batavia) Berdasarkan informasi yang dapat dikumpulkan terdapat beberapa versi asal–usul nama Kampung Bandan.

1-Bandan berasal dari kata Banda yang berarti nama pulau yang ada di daerah Maluku. Kemungkinan besar pada masa lalu (periode kota Batavia) daerah ini pernah dihuni oleh masyarakat yang berasal dari Banda. Penyebutan ini sangatlah lazim karena untuk kasus lain ada kemiripannya, seperti penyebutan nama kampung Cina disebut Pecinan.
Tempat memungut pajak atau cukai (bea) disebut Pabean dan Pekojan sebagai perkampungan orang Koja (arab), dan lain – lain.

2-Banda berasal dari kata Banda ( bahasa Jawa) yang berarti ikatan Kata Banda dengan tambahan awalan di (dibanda) mempunyai arti pasif yaitu diikat. Hal ini dapat dihubungkan dengan adanya peristiwa yang sering dilihat masyarakat pada periode Jepang, yaitu pasukan Jepang membawa pemberontak dengan tangan terikat melewati kampung ini menuju Ancol untuk dilakukan eksekusi bagi pemberontak tersebut.

3-Banda merupakan perubahan ucapan dari kataPandan. Pada masa lalu di kampung ini banyak tumbuh pohon, sehingga masyarakat menyebutnya dengan nama Kampung Pandan.

SUMBER


notification

notification
Loading...

ABSEN DISINI


ShoutMix chat widget

KOMENTARMU

JEJAK PENGUNJUNG TERAKHIR

Personal Business Directory - BTS LocalDigNow.orgTopOfBlogs Personal My BlogCatalog BlogRank live google page rank
Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory
EasyHits4u Ranking Blogger Ngalam
Masukkan Code ini K1-2C333A-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com!-- Histats.com START --> Check Google Page Rank

Pengikut

view

http://bacablog.com

MY ID YAHOO MASSENGER