ADAMAKNA

BLOGGER INDONESIA

About Me

Foto Saya
Aku adalah anak manusia yang hanya numpang singgah di bumi ini. Kini aku sedang mengisi dan melakukan sesuatu untuk mengisi waktuku di dunia ini EMAIL & FS jOIN ON adaeuvoli@gmail.com

MY BANNER LINK

TRANSLATOR

Selama ini kita pasti sering mengkhawatirkan kondisi kesehatan jika terlalu lama di depan komputer dan berselancar di dunia maya.

Tetapi, ternyata fakta menunjukkan berselancar di internet dapat meningkatkan IQ (Intelegent Quotient) dan meningkatkan memori pada orang dewasa.

Tim dari University of California (UCLA), Los Angeles, Amerika Serikat meneliti otak partisipan yang berselancar di internet untuk mencari laman tertentu selama satu jam per harinya.Setelah lima hari, area prefrontal cortex, yang mengontrol kemampuan membuat keputusan dan berintegrasi dengan informasi kompleks semakin aktif.

"Padahal area prefrontal cortex, tidak begitu aktif saat pertama kali dilihat," kata Gary Small, profesor Ilmu Psikiatri dan Tingkah Laku dari UCLA seperti vivanews kutip dari Daily Mail.

"Pada pengguna internet yang secara teratur berselancar selama satu jam setiap hari, setelah lima hari, terlihat area tersebut sangat aktif. Hal itu menunjukkan fungsi otak dapat berubah dan meningkat dengan penggunaan internet," tambah Small

Small juga menjelaskan, penelitian ini menunjukkan rata-rata IQ akan meningkat dengan berkembangnya budaya digital. Akan terjadi peningkatan pada kemampuan untuk memproses informasi secara cepat dan melakukan banyak hal secara bersama tanpa kesalahan. Bahkan, hal-hal kecil seperti mensortir e-mail, dapat meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

"Menyeleksi dan membersihkan e-mail dalam inbox setiap hari, juga bisa meningkatkan kemampuan seseorang menentukan e-mail yang terpenting di antara ribuan e-mail yang masuk setiap harinya," kata Small.

Tetapi, dibalik dampak positif internet, ada dampak negatifnya yang tidak kalah besar. Kemampuan interpersonal bisa berkurang, Anda jadi kurang perhatian dengan keadaan sekitar dan mengurangi kualitas hubungan dengan orang lain.

"Jika bekerja seharian di depan komputer, imbangi dengan banyak melakukan sosialisasi dan bertatap muka dengan teman atau saudara saat akhir pekan. Hal itu lebih baik daripada menggunakan laman jejaring sosial," tambah Small.

SUMBER



Taman Indonesia yang dilengkapi beberapa pohon khas Nusantara, sebuah rumah model Minahasa, Sulawesi Utara, serta patung "Garuda" dan "Saraswati" di kampus Universitas Charles Darwin (CDU) resmi dibuka untuk umum Kamis sore (10/12).

Sekretaris II Fungsi Pensosbud Konsulat RI Darwin, Arvinanto Soeriaatmadja, Jumat, mengatakan, acara peresmian dan penggunaan Taman Indonesia itu dilakukan Administratur negara bagian Northern Territory (NT) Tom Pauling bersama Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu Primo Alui Joelianto.

Rektor CDU Prof. Barney Glover, Konsul RI di Darwin Harbangan Napitupulu dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di KBRI Canberra Dr.Aris Junaidi juga ikut menyaksikan pembukaan taman yang proses pembangunannya memakan waktu lebih dari tiga tahun lalu itu bersama sekitar 150 orang undangan.

"Di antara para undangan adalah kalangan akademisi dan konsul kehormatan negara-negara sahabat yang ada di Darwin," kata Arvinanto.

Ia mengatakan, patung "Garuda" disumbangkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, sedangkan patung perunggu "Saraswati" merupakan sumbangan Sultan Hamengku Buwono X.

"Patung dewi ilmu pengetahuan dan seni setinggi sekitar dua setengah meter ini tiba di Darwin 14 Agustus lalu dan sudah terpasang sejak akhir Agustus, katanya.

Taman yang dilengkapi satu rumah model Minahasa ini merupakan taman kedua di lingkungan CDU setelah Taman Republik Rakyat China.

Proses pembangunan Taman Indonesia ini sempat terkendala akibat keterbatasan dana. Di CDU yang merupakan pusat keunggulan NT ini, terdapat puluhan mahasiswa Indonesia.
sumber





Top Yahoo Search Tahun 2009

Posted by GERY On 04.53 0 comments

Yahoo membuat ulasan tahunan yang memperhitungkan miliaran pencarian di situsnya ke dalam sebuah daftar Yahoo! Year in Review. Dalam daftar tersebut Noordin M Top menduduki posisi paling atas di Indonesia.

"Ulasan tahunan yang memperhitungkan miliaran pencarian ini merupakan sebuah cara unik untuk mengetahui minat orang-orang serta mengidentifikasi bagaimana mereka menggunakan kecanggihan sebuah situs dalam mencari informasi dan juga berita-berita teraktual," ujar Senior Communications Manager Southeast Asia Peter Joblin, melalui keterangan resminya, Jumat (11/12/2009).

Menurut Joblin, di tahun 2009, teknologi situs merupakan satu bagian penting dalam sebuah siklus berita di mana banyak orang membuka situs untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai beragam topik, mulai dari berita ekonomi sampai dengan gosip lokal.

"Hal-hal yang diminati oleh banyak orang Indonesia di tahun ini meliputi berita selebriti, olahraga, politisi dan juga kejadian-kejadian lokal yang mengguncang negara," papar Joblin.

Dalam keterangannya, Joblin menyertakan daftar tersebut sebagai berikut,

Pencarian paling diminati di Indonesia sepanjang tahun 2009:
1. Noordin M Top
2. Flu Babi
3. Gempa Sumatera Barat
4. Kiamat 2012
5. Gempa Bumi
6. Komisi Pemilihan Umum (KPU)
7. Ketika Cinta Bertasbih
8. Gerhana Matahari
9. Ponari
10. Ambalat

Pencarian tim sepak bola paling diminati di Indonesia meliputi,
1. Manchester United
2. Barcelona FC
3. Real Madrid
4. Arsenal
5. Chelsea
6. Liverpool
7. Juventus
8. Inter Milan
9. AC Milan
10. Manchester City

Selain itu, Yahoo! Search Indonesia juga mengklasifikasikan pencarian di ponsel melalui Yahoo! Mobile, dengan jumlah pencarian data diklaim mencapai dua kali lipat dibanding pencarian melalui desktop.

Menurut Joblin, berita olah raga dan selebriti menempati posisi atas dalam daftar pencarian data melalui ponsel. Berikut datanya,

1. Premier League
2. Sarah Azhari
3. Bumi Resources
4. Angelina Jolie
5. Sandra Dewi
6. Michael Jackson
7. Agnes Monica
8. Manohara
9. Sepak Bola
10. Luna Maya

Dalam penyusunan Yahoo! Year in Review, editor Yahoo! Indonesia menganalisa data pencarian berdasarkan beberapa faktor termasuk angka absolut volume dan angka pertumbuhan berbanding dengan angka di periode sebelumnya, untuk melihat tema-tema dan tren-tren yang muncul di permukaan. Masing-masing pengguna dan juga data pencarian mereka akan tetap anonim.

sumber





Masyarakat tidak perlu terpancing dengan isu kiamat 2012. Sebab, berdasarkan kajian ilmiah, isu ini tidak memiliki dasar sains. Fenomena alam yang mungkin saja terjadi di tahun itu adalah badai matahari.

"Isu kiamat 2012 adalah pseudoscience (tidak mengikuti metoda ilmiah). Ada yang mengaitkannya dengan kemunculan Planet Nibiru, ada juga komet besar, yang secara astronomi sebetulnya tidak eksis," kata Thomas Djamaluddin, profesor astronomi-astrofisik dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di dalam acara Press Tour, Kamis (10/12).

Lebih lanjut ia menjelaskan, satu-satunya kemungkinan bencana alam akibat kondisi antariksa pada tahun 2012 itu adalah badai antariksa yang dipicu badai matahari. "Tetapi, kita pun tidak perlu khawatir juga. Belum tentu badai yang terjadi bisa mengarah langsung ke Bumi. Karena, Bumi kan terus berputar," tuturnya.

Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan, Sri Kaloka, yang ikut hadir menjelaskan kepada wartawan bahwa isu kiamat 2012 berangkat pada mitos ramalan kalender Suku Maya. Namun, ia membenarkan kemungkinan terjadinya badai matahari yang besar pada tahun itu.

Puncak aktivitas matahari yang kini ada di siklus 24 ini awalnya diperkirakan terjadi pada 2012. Namun, kemudian bergeser pada 2013 karena aktivita s matahari sekarang masih minim. "Tetapi, karena ini terkait dengan statistik, masih terjadi perdebatan," ucapnya.

Ia menjelaskan, puncak siklus matahari yang ditandai dengan banyaknya bintik hitam di permukaan matahari dapat memicu kemunculan lidah-lidah api (corona mass ejection) yang membawa partikel-partikel berenrgi tinggi. Jika sampai ke bumi, partikel ini dapat menggganggu magnetosfer hingga ionosfer di Bumi.

Dampaknya dapat merusak satelit, alat k omunikasi dan keslitrikan di Bumi. Lontaran partikel miliaran ton juga bisa mempengaruhi pola medan magnet di Bumi. "Ada makalah di Jerman yang menyebutkan bahwa burung-burung dara terganggu karena mereka memiliki navigasi yang terkait medan magnet di Bumi," paparnya.

Kasus kongkrit akibat pengaruh badai matahari terjadi pada tahun 2003. Ketika itu, banyak satelit yang kehilangan kontak dan tidak berfungsi. "Ketika itu Lapan juga mencatat terjadinya penurunan fungsi telekomunikasi di tanah air. Gelombang radio tinggi pun putus," ungkap Thomas kemudian.

Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Lapan Clara Yono Yatini menambahkan, aktivitas yang unik pada matahari kerap menjadi bahan yang menarik untuk film sains fiksi. Sebagai contoh mengenai materi neutrinos dari matahari yang di Film 2012 menjadi sumber petaka.

"Neutrinos ini kan biasa muncul dari matahari, tidak perlu harus ketika badai. Tidak seperti di film, materi yang tidak bermuatan dan tidak bermassa dan ditangkap di tanah ini mestinya tidak sampai mendidihkan magma di Yellow Stone," ucapnya.


sumber



Category : | Links to this post | edit post

KOTOR ITU BAIK

Posted by GERY On 06.21 0 comments

Pernah mendengar istilah kotor itu baik? Ternyata sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan orangtua yang membiarkan anaknya bermain di lumpur atau makan makanan yang jatuh ke lantai bisa melindungi anak dari penyakit jantung di kemudian hari.

"Penelitian kami menunjukkan lingkungan yang terlalu bersih di awal kehidupan bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena peradangan saat dewasa nanti yang pada akhirnya meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit termasuk jantung," ujar Thomas McDade ketua penelitian, seperti dikutip dari MSNNews, Kamis (10/12/2009).

Para peneliti dari Northwestern University, Illinois melihat data dari sebuah penelitian di Filipina yang melibatkan anak baru lahir hingga usianya mencapai 22 tahun. Data yang dikumpulkan merupakan 3.327 anak yang lahir pada tahun 1980-an di Filipina.


Anak-anak tersebut setiap dua bulan sekali selama dua tahun pertama kehidupannya dikontrol, lalu dilanjutkan setiap empat atau lima tahun hingga anak tersebut mencapai usia 20-an tahun. Beberapa hal yang diteliti adalah kebersihan dari lingkungan rumah dan juga sosial ekonomi keluarganya.

Tes darah yang dilakukan saat anak tersebut mencapai dewasa menunjukkan bahwa meskipun di Filipina banyak balita terkena penyakit infeksi dibandingkan anak-anak di Amerika, tapi kadar dari C-reactive protein (CRP) saat anak tersebut dewasa didapatkan 80 persen lebih rendah daripada Amerika. Di Filipina rata-rata konsentrasi CRP sebesar 0,2 mg/L sedangkan di Amerika 1-1,5 mg/L.

Penelitian yang diterbitkan Proceedings of the Royal Society adalah orang dewasa yang memiliki nilai CRP tinggi lebih banyak mengalami peradangan, hal ini berhubungan dengan terlalu bersihnya lingkungan bermain saat masih anak-anak. CRP adalah protein patologik yang ditemukan dalam darah jika terjadi peradangan akut atau adanya jaringan yang rusak.

"Pesan yang dibawa dari penelitian ini adalah pentingnya mengekspos mikroba dan bakteri umum sejak masih anak-anak, sehingga kekebalan tubuhnya sudah terbentuk," ungkap profesor antropolagi di Northwestern University.

Bakteri dan mikroba ini mungkin tidak mengakibatkan penyakit klinis langsung, tetapi memainkan peranan yang penting dalam mendukung pembangunan sistem kekebalan tubuh.




notification

notification
Loading...

ABSEN DISINI


ShoutMix chat widget

KOMENTARMU

JEJAK PENGUNJUNG TERAKHIR

Personal Business Directory - BTS LocalDigNow.orgTopOfBlogs Personal My BlogCatalog BlogRank live google page rank
Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory
EasyHits4u Ranking Blogger Ngalam
Masukkan Code ini K1-2C333A-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com!-- Histats.com START --> Check Google Page Rank

Pengikut

view

http://bacablog.com

MY ID YAHOO MASSENGER